PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEAFLET SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP MATERI HARDWARE DI SMAN 7 KUPANG

  • Isnai Yunus Perubahan
Keywords: Android, Media Interaktif, ELeaflet, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-leaflet berbasis android sebagai media interaktif terhadap materi hardware.Berdasarkan Hasil daya beda soal kriteria jelek 3 soal, kriteria cukup 14 soal, kriteria baik 3 soal,sedangkan hasil tingkat kesukaran diperoleh 17 soal dengan kriteria mudah, dan 3 soal kriteria sedang, dan distraktor 125% atau 13 responden, baik 75% atau 14 responden, kurang baik 175% atau 6 responden.Persentase indikator kelas eksperimen post-test C1 (mengingat) sebesar 75% > kelas kontrol hanya memiliki nilai C1 (mengingat) sebesar 59% , dengan uji deskriptif kelas eksperimen post-test dengan nilai rata-rata sebesar 78 > kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 70, dengan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas nilai sig. 2 tailed > 0,05 maka dapat diperoleh bahwa semua data berdistribusi normal, dengan uji linieritas nilai > sig.0,05 data keseluruhan berasal dari data yang linear,maka dengan uji homogenitas maka nilai sig. > 0,05 secara keseluruhan berasal dari data yang sama (homogen). Sedangkan Uji t independent dengan menggunakan menunjukan bahwa dilihat dari sig.(2-tailed) < α (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil angket diperoleh menunjukan nilai sebesar 120% (sangat setuju) jika media pembelajaran e-leaflet berbasis android sebagai media interaktif terhadap materi hardware dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran e-leaflet berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-26
How to Cite
Yunus, I. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEAFLET SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP MATERI HARDWARE DI SMAN 7 KUPANG. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 39-47. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.224