Efektivitas Penggunaan jejaring sosial edmodo terhadap hasil belajar siswa.

  • Jefrida Yuditha Asa UCB
Keywords: Edmodo, Efektivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X TIK menggunakan media edmodo. Metode dalam Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, yaitu pada kelas X IPA1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda pada pretest dan posttest dan angket tanggapan siswa. Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kedua kelas yaitu dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media edmodo dan metode konvensional. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 83,70 dan 78,91. Hasil analisis uji-t nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang mempunyai arti H0 ditolak dan Ha diterima berdasarkan kriteria perumusan hipotesis. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikansi dengan menggunakan media edmodo dan media konvensional.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-26
How to Cite
Asa, J. (2020). Efektivitas Penggunaan jejaring sosial edmodo terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika (JUMPIKA), 2(1), 26-32. Retrieved from http://ojs.cbn.ac.id/index.php/jumpika/article/view/147