PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG

  • Yosefa Maria Bete Bisik Universitas Citra Bangsa
Keywords: Media Lingkungan, Sumber Belajar, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Sikumana 3 Kupang. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental nonequivalen control grup. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, studi dokumentasi, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa dengan rincian 27 untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,41 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol sebesar 60,38, hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 2, 643 > t tabel 2,007, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan media lingkungan dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media lingkungan, dapat dimaknaiĀ  pembelajaran menggunakan media lingkungan memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media lingkungan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Inpres Sikuman 3 Kota Kupang.

Published
2021-07-25