PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD INPRES LABAT KOTA KUPANG

  • Imaculata Kole Universitas Citra Bangsa
Keywords: media cerita bergambar, kemampuan menulis siswa.

Abstract

Skripsi, Kole, Imaculata. NIM: 151300073, 2020. PGSD Universitas Citra Bangsa Kupang, Judul Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Pembimbing: Pembimbing I Asti Yunita Benu, S.Pd., M.Pd Pembimbing II ­­Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd. Kemampuan menulis merupakan suatu bagian dari bahasa untuk menyampaikan pokok pikiran agar memberikan hiburan kepada pembaca melalui ide dan gagasan yang bersumber dari pengalaman seseorang. Akan tetapi banyak siswa yang kurang aktif selama pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Hal ini terjadi karena metode yang diterapkan adalah metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Penelitian ini adalah quasi eksperimen pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunaka n teknik pengumpulan data tes, wawancara dan dokumentasi serta uji hipotesis menggunakan uji t. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol atau 81,07 > 66,79. Selanjutnya hasil uji independent samples t test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,250 lebih besar dari t tabel sebesar 2,004 (2,250 > 2,004) dan nilai signifikansi sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa yang diberi perlakuan media cerita bergambar meningkat dibandingkan dengan kemampuan menulis siswa yang diberikan perlakuan metode ceramah.

Published
2021-07-25