PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SD INPRES SIKUMANA 3 KUPANG

  • Melyana Bete Universitas Citra Bangsa
Keywords: Metode Jarimatika, Hasil Belajar Perkalian

Abstract

Kegiatan berhitung terjadi dalam kehidupan anak tanpa mereka sadari dan sekolah Dasar mengajarkan berhitung pada mata pelajaran Matematika.Pengajaran Matematika diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, namun guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada materi perkalian akibatnya hasil belajar siswa rendah.Salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk mempermudah dalam belajar dan menghafal perkalian adalah metode jarimatika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang.Metode penelitian ini adalah quasi experimentaldesignjenisNonequivalent control group design. Sample yang digunakan dalam pennellitiann ini berjumlah 53 dengan pembagianĀ  kelasĀ  eksprimen 27 sedangkan kelas kontrol 26 Penelitian ini menggunakanteknik pengumpulan data observasi dan tes serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttestkelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol atau 82,59 > 71,15. Selanjutnya hasil uji independent samples t test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,043 lebih besar dari t tabel sebesar 2,007 (2,043>2,007) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 lebih kecil dari 0,05 (0,046<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode jarimatikayang signifikan terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang.

Published
2021-07-25