PENGARUH ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD KRISTEN CITRA BANGSA

  • Dominda Mea Seran Universitas Citra Bangsa
Keywords: Alat Peraga Mistar Bilangan, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Dominda Mea Seran, 2019, Pengaruh Alat Peraga Mistar Bilangan Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Kristen Citra Bangsa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Citra Bangsa. Pembimbing: Vera Rosalina Bulu, S.Pd.,M.Pd danĀ  Asti Yunita Benu, S.Pd.,M.Pd. Matematika adalah salah satu pelajaran yang dipelajari siswa mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi.karena matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga mistar bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kristen Citra Bangsa. Metode penelitian ini adalah quasi experimentaldesign jenis Nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes.Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 24,62 lebih besar dari rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 15. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,309 lebih besar dari t tabel sebesar 2,008 (2,309>2,008) dan nilai signifikansi sebesar 0, 025 lebih kecil dari 0,05 (0,025<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga mistar bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kristen Citra Bangsa

Published
2021-07-25