Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Katolik Santa Maria Assumpta Kota Kupang

Kedisiplinansiswa dan Hasil Belajar

  • Linda Yulita Fernandez prodi PGSD Universitas Citra bangsa
Keywords:  Student Discipline, Learning Outcomes

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta melalui proses pelatihan yang dikembangkan menjadi serangakaian perilaku yang didalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, kesetian, ketertiban, dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk mengawasi diri. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan, nilai, sikap serta pola-pola pikir siswa yang diperoleh setelah pembelajaran dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswaterhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas lV SD Katolik Santa Maria Assumpta Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode Expost Facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan angket serta teknik analisis data menggunakan jenis kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata kedisiplinan siswa sebesar 79.20 dan nilai rata-rata hasil belajar Adalah sebesar  83.33 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas lV SD Katolik Sta Maria Assumpta Kota Kupang.

Published
2021-07-25