PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD INPRES SIKUMANA 3KOTA KUPANG

  • Meri Yanti Hendrik pgsd
Keywords: Media Diorama, Motivasi Belajar

Abstract

ABSTRAK
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran yang disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat klasikal dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran IPS. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran diorama dengan tujuan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa melalui penggunaan media diorama pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan studi dokumen. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji independent sample t-test. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3. 153 dan nilai ttabel sebesar 0.936 atau thitung 3.153>ttabel 0.936 dan nilai sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang.

Published
2021-07-25