PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR

  • Else Klarifa Sni Prodi PGSD Universitas Citra Bangsa Kupang
Keywords: Minat belajar, Metode Crosswrod Puzzle

Abstract

ABSTRAK

Minat pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajarinya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Proses ini berarti menunjukan pada siswa bagaimana pengetahuanatau kecakapan tertentu.mempengaruhi dirinya melayani,memuaskan tujuan-tujuannya  dan memuaskan kebutuhan-kebutuhannya. pada mata pelajaran IPS siswa banyak mengalami kesulitan ketika mereka belajar IPS dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS masih rendah, Hal ini menyebabkan pembelajaran kurang efektif karena siswa tidak dapat mengkreasikan dan mengeluarkan pemikiran-pemikirannya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle  sebagai salah satu metode pembelajaran yang aktif  dan menyenangkan sehingga membuat anak tertarik untuk mengikutinya pembelajaran IPS .

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle  pada pelajaran IPS dikelas IV SD Katolik Muder Teresa Kupang. Jenis penelitian yang digunakan  peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quantitatif quasi eksperimental design

 Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada  metode pembelajaran crossword puzzle terhadap minat belajar siswa. Pada  hasil analisis data dapat dilihat bahwa  nilai rata-rata  pada kelas ekperimen yaitu 88.75 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 57.50

    Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran crossword puzzle berpengaruh terhadap minta belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV di sekolah SD Katolik Muder Teresa Kupang

Published
2021-07-25