PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYINGTERHADAPKREATIVITAS BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIAKELAS III SDI PERUMNAS II KOTA KUPANG

  • Suli Yesti Liunokas Universitas Citra Bangsa
  • Asti Yunita Benu Universitas Citra Bangsa, Prop Nusa Tenggara Timur
  • Roswita Lioba Nahak Universitas Citra Bangsa, Prop Nusa Tenggara Timur
Keywords: Role Playing, Kreativitas Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa SD. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas, siswa banyak mengalami kesulitan ketika belajar Bahasa Indonesia karena guru kelas hanya menjelaskan di depan kelas dan memberikan latihan. Akibatnya siswa menjad imalas dan bosan untuk mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia sehingga hasil belajar menja direndah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playng terhadap kreativitas belajar siswa kelas III SDI Perumnas II Kota Kupang . Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi yang diambil adalah siswa kelas IIIA SDI Perumnas II sebanyak 22 siswa dengan menggunakan teknik sampling sistematis terpilih dua kelas sampel yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playingterhadap kreativitas belajar siswa. Hasil analisis data dapat dilihat pada nilai rata-rata 76,14 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 78,20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playng dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas III SDI Perumnas II Kota Kupang

Published
2020-03-18