PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS III SDI BAKUNASE 1 KUPANG

  • Patrys Idaleta Tefa Universitas Citra Bangsa
  • Vera Rosalina Bulu Universitas Citra Bangsa, Prop Nusa Tenggara Timur
  • Yulsy Marselina Nitte Universitas Citra Bangsa, Prop Nusa Tenggara Timur
Keywords: Talking Stick, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi banyak siswa merasa bosan dan kurang aktif selama kegiatan pembelajaran IPA berlangsung. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan biasanya adalah model konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDI Bakunase 1 Kota Kupang. Penelitian ini tergolong penelitian Quasi Eksperiment, menggunakan rancangan eksperimen non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah obeservasi, wawancara dan tes. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 53 responden. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai post test kelas eksperimen dan post test kelas kontrol dengan menggunakan uji t-test adalah 86,74 > 69,69 kelas kontrol. Lebih lanjut melalui pengujian hipotesisi menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka tolak H0 dan H1 di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick kelas III SD Inpres Bakunase 1 Kota Kupang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diberikan perlakukan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick meningkat hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar yang diberikan perlakuan model konvensional.

Published
2020-03-18