PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXYUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDK STA. MARIA ASSUMPTA KOTA KUPANG

  • Dionisia Oko Universitas Citra Bangsa
  • Femberianus Sunario Tanggur Universitas Citra Bangsa, Prop Nusa Tenggara Timur
  • Yulsy Marselina Nitte Universitas Citra Bangsa, Prop Nusa Tenggara Timur
Keywords: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, IPS

Abstract

Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan manusia, strategi pendidikanpun dilaksanakan untuk menghasilkan peserta didik yang unggul. Kualitas sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran masih sangat rendah baik sekolah negeri  maupun swasta. Sekolah negeri peran pemerintah sangat dibutuhkan hal ini dikarenakan sumber pendapatan sekolah negeri bersumber dari APBN.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajar IPS kelas IV SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang.Penelitian ini menggunakan Quasi Experimentaldengan rancangan eksperimen non equivalent control group design yang dibuat dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran CTL adalah 87,67 sehingga seluruh siswa mencapai KKM. kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai 59, terdapat 7 siswa yang tidak memenuhi KKM. Hasil uji t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka tolak  sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang.

Published
2020-03-18