https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/issue/feed HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan 2023-01-31T00:00:00+00:00 Vinsen B. Making SKM. MKes edu@ucb.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Hinef : Jurnal Rumpun Ilmu</strong> <strong>Pendidikan&nbsp;</strong>Merupakan Jurnal Ilmiah dengan Topik mencakup seluruh rumpun Ilmu Pendidikan yakni&nbsp;Sub Rumpun Pendidikan Ilmu Sosial,&nbsp;Sub Rumpun Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra,&nbsp;Sub Rumpun Ilmu Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan,&nbsp;Sub Rumpun Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA),&nbsp; Sub Rumpun Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,&nbsp;Sub Rumpun Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Sub Rumpun Ilmu Pendidikan Kesenian.</p> <p>Jurnal Ini Diterbitkan Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan - FKIP, Universitas Citra Bangsa.&nbsp;</p> <p>ISSN : 2828-0407</p> https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/868 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KRISTEN CITRA BANGSA MANDIRI 2023-01-29T01:16:21+00:00 Irvan Pairikaes irvan.pairikaes06@gmail.com Yonly A Benufinit yonlybungsu@gmail.com Gerlan A Manu gerlan.manu@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p><em>Based on the problems that occur in class XIII A Christian Citra Bangsa Mandiri Middle School. The purpose of this development research is to develop podcast-based learning media in Indonesian language subjects at Citra Bangsa Mandiri Christian Middle School. With the use of audio podcast media developed in the anchor application so that the material presented is clearer, because the media can be accessed at any time and makes students enthusiastic during the learning process. This type of research uses the Research and Development (RnD) model. Data collection by researchers using questionnaires and interviews this thesis data collection techniques through questionnaires, interviews and documentation. The data collected in this study used a questionnaire. The results of this thesis show the results of class XIII SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, with a total of 15 students, the average result of 15 students shows that 1154 is divided by the number of students, namely 15 students, and gets a final score of 83.53% and the level of achievement its good. So that this audio is feasible and can be applied in learning activities on the subject matter of Cinderella stories for class XIII Indonesian at Christian Citra Bangsa Mandiri Middle School.</em></p> <p><strong>Keywords</strong>: <em>Development, Podcast Media, Subjects, Indonesian Language</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri kelas XIII A. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yakni untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis podcast pada mata pelajaran Bahasa indonesia di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri. Dengan penggunaan media audio podcast yang dikembangkan dalam aplikasi anchor agar materi yang disampaikan lebih jelas, karena media dapat diakses kapan saja dan membuat semangat peserta didik saat proses belajar. Jenis penelitian dengan menggunakan model Research and Development (RnD). Pengumpulan data oleh peneliti menggunakan angket dan wawancara teknik pengumpulan data skripsi ini melalui Kuesioner, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang dihimpun dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil dari skripsi ini menunjukan hasil dari siswa kelas XIII SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, dengan jumlah 15 siswa, hasilnya rata-rata dari 15 siswa menunjukkan bahwa 1154 dibagi jumlah siswa, yaitu 15 siswa, dan mendapatkan nilai akhir 83,53% dan tingkat pencapaian nya baik. Sehingga&nbsp; audio ini&nbsp; telah layak dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran materi pokok Cerita cerita cinderela mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XIII di SMP Kristen Citra Bangsa Mandiri.</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Pengembangan, Media Podcast, Mata Pelajaran, Bahasa Indonesia</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/867 PENGARUH REWARD DAN ICE BREAKER TERHADAP MINAT BELAJAR TEMATIK SISWA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR KHATOLIK SANTO YOSEPH 2 NAIKOTEN 2023-01-29T01:15:54+00:00 Delila Malafu delilamalafu9@gmail.com Roswita Lioba Nahak roswitaliobanahak@gmail.com Yulsy Marselina Nitte yulsynitte9@gmail.com <p><strong>Abstract.</strong> <em>The purpose of this research are (1). Knowing the effect of rewards on students' thematic learning interest. (2). Knowing the effect of ice beaker on students' thematic learning interest. (3). Knowing the effect of reward and ice breaker on students' thematic learning interest. In the learning process the teacher must be able to create active and enjoyable learning in accordance with the characteristics of students in order to achieve educational goals. The research method used in this study is a survey method. The population in this study were students of class VI SDK ST.Yoseph 2 Naikoten Kota Kupang, while the samples were all students of class VI, totaling 38 students. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. The data analysis techniques in this study were the normality test, homogeneity test, linearity test, multicollinearity test and heteroscedasticity test. The results of data analysis showed a significant value of 0.05% was obtained: (1). Reward has a significant effect on students' thematic learning interest. This is based on the results of the t test known that t count &gt; t table 6.240 &gt; 2.059 and a significant value of 0.05, namely with a contribution of 18.7% to students' thematic learning interest. (2). Ice breaker has a significant effect on students' thematic learning interest. This is based on the results of the t test known that t count &gt;t table is 26,039 &gt;1.628 and a significant value of 0.00 &gt;0.05, namely with a contribution of 23.6% to students' interest in thematic learning. (3). Rewards and ice breakers affect students' thematic learning interest. Based on the F test, it is known that t count &gt;t table is 42.378 &gt; 2.63 and a significance value of 0.000 &lt;0.05 and contributes 31.9% to students' thematic learning interest while the rest is influenced by other variables. This can be interpreted that the independent variables (reward and ice breaker variables) contribute or influence 74.2% of students' thematic learning interest. The remaining 25.8% of students' thematic learning interest is influenced by other variations outside of this study.</em></p> <p><strong>Abstrak.</strong> Tujuan dari penelitian ini adalah&nbsp; (1). Mengetahui pengaruh reward terhadap minat belajar tematik siswa . (2). Mengetahui pengaruh ice beaker terhadap minat belajar tematik siswa. (3). Mengetahui pengaruh reward&nbsp; dan ice breaker terhadap minat belajar tematik siswa.</p> <p>Dalam proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik siswa demi mencapai tujuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDK ST.Yoseph 2 Naikoten Kota Kupang, sedangkan yang menjadi sampel adalah semua siswa kelas VI yang berjumlah 38 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalampenelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji multi kolinearitas dan uji heterokeditas.</p> <p>Hasil analisis data menunjukan nilai signifikan&nbsp; 0,05% dipereoleh : (1). Reward&nbsp; berpengaruh signifikan terhadap minat belajar tematik siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa&nbsp; thitung&nbsp; &gt; ttabel&nbsp; 6,240 &gt; 2,059 dan nilai signifikan 0,05 yaitu dengan kontribsui sebesar 18,7 % terhadap minat belajar tematik siswa. (2). Ice breaker berpengaruh&nbsp; signifikan terhadap minat belajar tematik siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung &gt;t tabel yaitu 26.039 &gt; 1,628 dan nilai signifikan 0,00 &gt; 0,05 yaitu dengan kontribusi sebesar 23,6% terhadap minat belajar tematik siswa. (3). Reward dan ice breaker berpengaruh terhadap minat belajar tematik siswa. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa thitung &gt; t tabel&nbsp; yaitu 42,378 &gt; 2,63 dan nilai signifikansinya&nbsp; 0,000 &lt; 0,05 dan memberikan kontribusi sebesar 31,9% terhadap minat belajar tematik siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa variabel bebas (variabel reward dan ice breaker) memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 74,2% terhadap minat belajar tematik siswa Selebihnya yakni sebesar 25,8% dari minat belajar tematik siswa dipengaruhi oleh variasi lain di luar penelitian ini.</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/866 Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Inpres Oepoi Kupang 2023-01-29T01:15:24+00:00 Aprianus Raga Lomi moneama05@gmail.com Heryon Bernard Mbuik bernardmalole@gmail.com Roswita Lioba Nahak roswitaliobanahak@gmail.com <p><strong>Abstract.</strong> <em>The covid-19 pandemic has impacted all aspects of life, one of which is in the field of education. With the prohibition of face-to-face learning activities to break the chain of transmission of the corona virus, learning must be done online or online. The purpose of the research in this study is to find out how the role of parents in accompanying children to learn in the covid-19 pandemic in the learning of Natural Sciences class V Elementary School Inpres Oepoi Kupang. The type of research used is quantittative research using a description approach. The data collection techniques that researchers used in the study were interview guidelines and documentation studies. The party that will be interviewed is a parent at SD Inpres Oepoi Kupang. Based on the results of research and discussion of research results showed that in general the constraints of parents in accompanying children to study at home during the Covid-19 pandemic is a lack of understanding of material by parents, difficulty of parents in fostering children's learning interests, not having enough time to accompany children because they have to work, parents are impatient in accompanying children when studying at home,&nbsp; difficulty of parents in operating gadgets, and constraints related to the reach of internet services.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>:Parenting, Pandemic Covid-19, Child Learning Assistance</em>.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak.</strong> Pandemi covid-19 telah berdampak pada semua aspek kehidupan, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Dengan dilarangnya aktivitas pembelajaran tatap muka untuk memutus rantai penularan virus corona, maka pembelajaran harus dilakukan secara online atau daring. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di masa pandemi covid-19 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Inpres Oepoi Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualittatif dengan menggunakan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Adapun pihak yang akan peneliti wawancara adalah Orang tua di SD Inpres Oepoi Kupang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kendala-kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Peran Orang Tua, Pandemi Covid-19, Pendampingan Belajar Anak.</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/865 PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATION MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMP NEGERI SATAP OEUSAPI-AMANUBAN BARAT 2023-01-29T01:14:30+00:00 Jannes Bastian Selly bastian.jannes04@gmail.com Dirmayati Eklesia Tafuli irmatafuli@gmail.com <p>Abstract. PhET simulation is a platform that can be used as a learning medium to make learning more interesting. The material presented in PhET simulation is in the form of an interesting animation so that it is expected to be able to increase student motivation. This study aims to determine differences in students' motivation to learn physics before and after being taught using PhET simulation media. The research object was class IXB students who were randomly selected as the experimental group. The instruments used were class IX learning devices, PhET simulation media, discussion questions, assignment questions, and student learning motivation questionnaires. Based on statistical analysis, it is known that students' motivation to learn science after being taught using PhET simulation media is higher than before. Thus learning science on dynamic electricity material using PhET simulation media is effective for increasing the learning motivation of class IX students of Satap Oeusapi Public Middle School, West Amanuban District, South Central Timor Regency.</p> <p>Abstrak. Simulasi PhET merupakan salah satu platform yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Materi yang disajikan pada phet simulation dalam bentuk animasi yang menarik sehingga diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan media simulasi PhET. Obyek penelitian merupakan siswa kelas IXB yang terpilih secara acak sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran kelas IX, media simulasi PhET, soal diskusi, soal tugas, serta angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis statistik diketahui bahwa motivasi belajar IPA siswa setelah diajar menggunakan media simulasi PhET lebih tinggi dibanding sebelumnya. Dengan demikian pembelajaran IPA pada materi listrik dinamis menggunakan media simulasi PhET efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri Satap Oeusapi Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan.</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/857 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN PERMAINAN SIKIDOKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR 2023-01-24T08:11:29+00:00 Cornelia Amanda Naitili amandacornelia793@gmail.com Yulsy M Nitte yulsynitte9@gmail.com <p>Abstract. Mathematics learning, chiefly in understanding geometric concepts taught in schools, still becomes elusive for elementary school students. This is as a result of the abstract characteristics of mathematics though the students' characters are at the concrete operational stage. Ethno-mathematics learning using sikidoka games can be an effort to overcome students’ difficulties in Mathematics learning because sikidoka games contain geometric concepts which are very directly related to students' lives. This study aims to determine the effectiveness of ethnomathematics learning using sikidoka games on understanding the concept of geometry for the third-grade students at SDN Unina. The sampling technique in this study is in the form of a saturated sample technique, so that the entire population used as research samples amounts 31 people, while data collection techniques applied in this study are test and documentation. Data analysis employs a paired sample t-test, but before that, a normality and homogeneity test are first carried out on the data that had been collected. Based on the data analysis, it is found that the results of the normality and homogeneity tests show that all data are normally distributed and homogeneous, while the results of the hypothesis test show that the significance value is 0.05 (0.016 &lt;0.05), which means that ethnomathematics learning using sikidoka games has a positive and significant effect on the understanding of the concept of geometry for the third-grade students at SDN Unina.</p> <p>Abstrak. Pembelajaran matematika terkhususnya pada pemahaman konsep geometri yang diajarkan masih sering menjadi kendala bagi siswa sekolah dasar. Hal ini disebabkan karateristik matematika yang bersifat abstrak sedangkan karakter siswa berada pada tahap operasional kongkret. Pembelajaran etnomatematika menggunakan permainan sikidoka dapat menjadi upaya untuk mengatasi kendala tersebut karena dalam permainan sikidoka memuat konsep geometri serta sangat berkaitan langsung dengan kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran etnomatematika menggunakan permainan sikidoka terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas III SDN unina. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga keseluruhan populasi tersebut dijadikan sampel penelitian yaitu berjumlah 31 orang sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test namun sebelum uji t dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas pada data-data yang sudah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan semua data berdistribusi normal dan homogen, sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,05 (0,016 &lt; 0,05) yang berarti bahwa pembelajaran etnomatematika menggunakan permainan sikidoka berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep geometri bagi siswa kelas III SDN Unina.</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/850 ANALISIS KECERDASAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TIK DI SEKOLAH 2023-01-24T08:20:36+00:00 Khatrin Juliani Taku Neno khatrintakuneno96@gmail.com <p>Abstract. This study aims to analyze the psychomotor intelligence of PPL students in the Informatics Education study program in ICT learning management at SMK N 1 Kupang. The research method used is descriptive qualitative. The research object was psychomotor intelligence and the research subjects were 4 (four) PPL students in the Informatics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FTTE) Universitas Citra Bangsa (UCB) and 4 (four) tutor teachers at SMK N 1 Kupang. Collecting data in this study using interview technique triangulation, observation and documentation. Data analysis techniques were carried out through the stages of data reduction, data presentation and conclusion/verification. The results showed that the psychomotor intelligence of PPL students in the Informatics Education Study Program FTTE UCB was good. It can be seen from the way they demonstrate the practicum material properly, as well as the variability of movements, views, intonation and volume of voice that are appropriate in managing learning in class.</p> <p>Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan psikomotorik mahasiswa PPL program studi Pendidikan Informatika dalam manajemen pembelajaran TIK di SMK N 1 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah kecerdasan psikomotorik dan subjek penelitian adalah 4 (empat) orang mahasiswa PPL program studi Pendidikan Informatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Citra Bangsa (UCB) dan 4 (empat) orang guru pamong SMK N 1 Kupang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan psikomotorik mahasiswa PPL program studi Pendidikan Informatika FKIP UCB sudah baik. Terlihat dari cara mereka mendemonstrasikan materi praktikum dengan baik, juga variabilitas gerak, pandangan, intonasi dan volume suara yang tepat dalam mengelola pembelajaran di kelas.</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/847 IMPLEMENTASI TEKS PROSEDUR BERBASIS VIDEO INTERAKTIF DALAM PRAKTIKUM SISTEM OPERASI 2023-01-11T23:54:35+00:00 Yonly Adrianus Benufinit yonlybungsu@gmail.com Enjel Suryanti Modok enjelmodok6@gmail.com <p>Minimnya pengetahuan mahasiswa terhadap langkah-langkah menginstal sistem operasi dalam kegiatan praktikum saat perkuliahan menuntut dosen harus mengoptimalkan perkembangan teknologi yang ada untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa. Implementasi teks prosedur berbasis video interaktif merupakan salah satu langkah dalam membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium komputer. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam penerapan teks prosedur berbasis video interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penerapan teks prosedur berbasis video interaktif dan melihat tanggapan mahasiswa terhadap hasil penggunaan teks prosedur berbasis video interaktif pada kegiatan praktikum mata kuliah Sistem Operasi di laboratorium komputer. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian <em>ex-post facto</em> (Kerlinger, 1993). Dalam penelitian ini diperlukan instrumen penelitian yang meliputi penerapan teks prosedur berbasis video interaktif berkaitan dengan tingkat kepuasan dan hasil belajar mahasiswa<em>,</em> kemudian data yang diperoleh diolah dengan analisis inferensial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah penerapan teks prosedur berbasis video interaktif dalam praktikum menginstal sistem operasi. Untuk variabel terikat (Y) dalam penelitian ini yaitu kepuasan mahasiswa saat praktikum mata kuliah sistem operasi. Hasil penelitian didapatkan dari perhitungan angket proses implementasi <em>text procedure</em> berbasis video interaktif diperoleh 90% mahasiswa pada tingkat Sangat Setuju. Kemudian hasil perhitungan angket mahasiswa tentang kepuasan praktikum pada mata kuliah sistem operasi diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 92%. Berarti semua mahasiswa dikatakan puas dan berhasil dalam penggunaan teks prosedur berbasis video interaktif saat praktikum mata kuliah sistem operasi.</p> 2023-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/632 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Huruf dan Angka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas I SD Inpres Oepura 3 Kota Kupang 2022-08-18T03:50:28+00:00 Selfiana Triyanty Ndapa Lawa selfiananlawa2207@gmail.com Jhon Enstein enstein_j17@yahoo.com Christmas P. Ate chris.ate@gmail.com <p><strong>Abstract.</strong></p> <p>The aim of this study is to determine the influence of using animation-based interactive learning media on English subjects for material of the introduction letters and numbers towards learning motivation of first-grade students at SD Inpres Oepura 3 Kupang City. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental research design. The population in this study were 30 students, the sampling technique used the census method because all members of the population were sampled. It was done when the total population was less than 30. Class A was used as a control class with 15 students and class B as an experimental class with 15 students. The instruments used were structured observation sheets and closed questionnaires. Before the questionnaire instrument was distributed, the researcher conducted a validity and reliability test to obtain the validity of the instrument. The results of the validity test showed that 19 items were valid and reliable. The data analysis technique used independent t-test, but before the t-test was conducted, the data analysis requirements were tested, namely normality and homogeneity tests. The results of the normality and homogeneity tests showed that all data were normally distributed and homogeneous. The result of the normality test showed that the value of sig. in the experimental class 0.120 &gt; 0.05 and the control class 0.198 &gt; 0.05. Besides, the homogeneity test showed a significant value of 0.531 &gt; 0.05. The results of the hypothesis test showed that the mean of learning motivation of the experimental class was 73.84 and the learning motivation of the control class was 57.57, which meant 73, 84 &gt; 57.57. Based on the result of the independent sample t-test, it showed a 2-way (t-tailed) significance value of 0.000 &lt; 0.05. Therefore, it can be concluded that there is significant influence of using animation-based interactive learning media in the first grade of elementary school students.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords</strong>: Learning Media, Interactive, Animation, Learning Motivation</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak.</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada mata pelajaran bahasa inggris untuk pengenalan huruf dan angka terhadap motivasi belajar siswa kelas I SD Inpres Oepura 3 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus karena semua anggota populasi dijadikan sampel, hal ini dilakukan bila jumlah populasi kurang dari 30. Dengan demikian kelas A dijadikan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 siswa. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi terstruktur dan kuesioner tertutup. Sebelum instrument kuesioner disebarkan, peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mendapatkan keabsahan instrument. Hasil uji validitas menunjukan bahwa 19 item soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test, namun sebelum dilakukan uji t dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan semua data berdistribusi normal dan homogen. Dimana hasil uji normalitas menunjukan bahwa nilai sig. pada kelas eksperimen 0,120 &gt; 0,05 dan kelas kontrol 0,198 &gt; 0,05, sedangkan uji homogenitas menunjukan nilai signifikan sebesar 0,531&gt; 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan rata-rata mean motivasi belajar kelas eksperimen 73,84 dan motivasi belajar kelas kontrol 57,57 artinya 73, 84 &gt; 57,57.&nbsp; Berdasarkan hasil uji independet sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 2 arah (<em>t-tailed</em>) 0.000 &lt; 0.05. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada siswa kelas I SD.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Media Pembelajaran, Interaktif, Animasi, Motivasi Belajar</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/630 DEIXIS IN MOANA MOVIE 2022-08-19T11:47:26+00:00 rina anggi puspita prina7420@gmail.com Rina Anggi p, Yola Merina Dian Noviani Syafar prina7420@gmail.com <p>This study aims to analyze the types of Deixis in the Moana movie by using Cruse's (2006) theory. The researcher chose a dialogue between Moana and Maui. Therefore, this research was conducted using observational method with non participant observational technique . The data used are film dialogues and scripts which are classified into types of deixis based on their criteria. The results showed that the researcher found five deixis in the film, namely personal deixis, spatial deixis, temporal deixis, discourse deixis and social deixis, with details of 133 persona deixis, 39 spatial deixis, 4 temporal deixis, 12 discourse deixis and 20 social deixis from Moana's utterances. The researcher also found 151 person deixis, 43 spatial deixis, 7 temporal deixis, 12 discourse deixis and 24 social deixis according to Maui's utterances. And that the type of persona deixis appears the most in this study</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/628 PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT MONOPOLI BUDAYA NTT MENGGUNAKAN GENIALLY 2022-08-18T03:50:27+00:00 Jhon Enstein enstein_j17@yahoo.com Khatrin Juliani Taku Neno khatrinjuliani96@gmail.com Femberianus Sunario Tanggur febrianbarca46@gmail.com <p>This study aims to introduce the cultural diversity of East Nusa Tenggara (NTT) Province through the TGT (Team Game Tournament) NTT cultural monopoly in Elementary School Students of East Nusa Tenggara. This application was designed using the type of research and development (R&amp;D) with the GDLC (Game Development Life Cycle) software development method. There were some stages applied in this research. It was started from Initiation, preproduction, production, Testing (Alpha testing, Beta testing), and release. The NTT Cultural Monopoly Game ran according to its function and it was acceptable to be used by teachers and students. This game increased new concept, new insight and references related to Interactive Learning media.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Learning Model, Teams Game Tournament, Cultural Monopoly, Game Development Life Cycle, Interactive Learning Media.</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/625 PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PGSD 2022-08-18T03:50:27+00:00 Cornelia Amanda Naitili amandacornelia793@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Universitas Citra Bangsa Kupang. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain <em>posttest only with non equivalent control group</em>. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD semester II yang menempuh mata kuliah konsep dasar matematika SD berjumlah 142 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> untuk penarikan sampel. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus perhitungan Taro Yamane sehingga diperoleh 105 mahasiswa yang terdiri dari 52 orang pada kelas kontrol dan 53 orang pada kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji <em>independent sample t-test</em>, namun sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan semua data berdistribusi normal dan homogen, sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (0,015 &lt; 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Citra Bangsa Kupang pada mata kuliah konsep dasar matematika SD materi geometri.</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/624 MINAT LITERASI MEMBACA MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS CITRA BANGSA 2022-08-18T03:50:27+00:00 Kristina E. Noya Nahak kristina.noya.nahak@gmail.com Efraim Semuel Nalle efraimnalle@gmail.com <p>Menyadari akan pentingnya membaca yang merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat sebaiknya setiap orang menjadikan membaca sebagai suatu hobi atau minat yang terus diasah dan dilatih sehingga menjadi suatu kebiasaan yang terus berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat literasi, sikap, dan kebiasaan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Citra Bangsa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Responden dalam penelitian ini mahasiswa semester dua&nbsp; kelas C dan D yang berjumlah 50 orang. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa sudah ditanamkan sejak dini yakni dibangku Taman Kanak-Kanak sehingga mahasiswa memiliki literasi membaca yang baik. Mahasiswapun&nbsp; menyadari akan pentingnya membaca oleh karena itu aktivitas membaca ini sering dilakukan di kampus maupun di rumah dengan durasi waktu satu sampai dua jam. Bahan bacaannyapun beragam mulai dari media cetak hingga media elektronik. Kebiasaan membaca inipun ditunjukkan melalui sering membaca materi yang akan dibahas dalam perkuliahan nanti maupun setelah selesai perkuliahan dengan tujuan tidak mudah lupa, lebih memahami, menguatkan pemahaman terhadap materi kuliah dan membantu mengingat. Menciptakan Lingkungan &nbsp;akademik yang nyaman dan menyenangkan sangat baik untuk kegiatan literasi, membangun pemahaman dan pengetahuan yang kompeten melalui literasi membaca.</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/623 PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD 2022-08-18T03:50:27+00:00 Roswita Lioba Nahak roswitaliobanahak@gmail.com Viktorius Paskalis Feka viktoriuspf@gmail.com <p><strong>Abstract.</strong></p> <p>This study aims to describe the effect of using the Quizizz application on the learning motivation of students of the Elementary School Education Study Program (PGSD) at Citra Bangsa University, Kupang. This type of research uses quantitative research with quasi-experimental research methods. The population in the study were all PGSD second semester students who were guided by the researcher and took the Learning and Learning Theory course, totaling 53 students, while the sampling technique used saturated sampling, so that the number of samples was 53 students consisting of class A as the control class totaling 38 students and class B as the control class as many as 33 students. Collecting data using observation and questionnaire techniques, with research instruments used in the form of observation sheets and questionnaire sheets. Data analysis in this study used an independent t-test, but before analyzing the data the researchers also tested the data analysis requirements consisting of a normality and homogeneity test of data assisted by the SPSS version 16.00 application and showed the results that the learning motivation data for the control class and the experimental class were distributed normal, namely the value of sig. in the experimental class 0.200 &gt; 0.05 and the control class 0.176 &gt; 0.05 and the results of the data homogeneity test showed a significant value of 0.089 &gt; 0.05, then both classes had the same variance (homogeneous). The results of the test of the difference in the average learning motivation of the control class and the experimental class also found that the average learning motivation of the experimental class was higher than the average learning motivation of the control class, namely 80.22&gt;70.15 and the value of sig. the independent t-test also showed the results of 0.004 &lt;0.005. Thus, it can be concluded that there is a significant effect of using the Quizizz application on students' learning motivation</p> <p><strong>Keywords</strong>: Quizizz Application ; Motivation to learn</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak.</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan aplikasi quizizz terhadap&nbsp; motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Citra Bangsa Kupang.&nbsp; Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa PGSD semester II yang diampu oleh peneliti dan mengikuti mata kuliah Teori belajar dan Pembelajaran yang berjumlah 53 mahasiswa, sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga jumlah sampel sebesar 53 mahasiswa yang terdiri dari kelas A sebagai kelas kontrol berjumlah 38 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol sebanyak 33 mahasiswa.&nbsp; Pengumpulan data mengunakan teknik observasi dan angket, dengan instrumen penelitian yang dipakai berupa lembar observasi dan lembar angket. Analisis data pada penelitian ini memakai uji independet t-test, tetapi sebelum dilakukan analisis data peneliti juga melakukan uji persyaratan analsis data yang terdiri dari uji mormalitas dan homogenitas data berbantuan aplikasi <em>SPSS</em> versi 16.00 serta menunjukkan hasil bahwa data motivasi belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal yakni nilai sig. pada kelas eksperimen&nbsp; 0,200 &gt; 0,05 dan kelas kontrol&nbsp; 0,176 &gt; 0,05 dan hasil uji homogenitas data menunjukkan nilai signifikan 0,089 &gt; 0,05, maka kedua kelas mempunyai varians yang sama (homogen). Hasil uji perbedaan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen juga ditemukan bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol yakni&nbsp; 80,22&gt;70,15 dan nilai sig. pada uji independent t-tes juga menunjukkan hasil 0,004&lt;0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh&nbsp; pemanfaatan&nbsp; aplikasi quizizz yang signifikan terhadap&nbsp; motivasi belajar mahasiswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Aplikasi Quizizz ; Motivasi Belajar</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/622 PENGARUH BEBAN KERJA, STRES, DAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI POLITEKNIK NEGERI KUPANG 2022-08-18T03:50:27+00:00 Benediktus Gaya bennygaya1972@gmail.com Patrisius Seran seranpatrisius@gmail.com Emylia Sofia Fernandez emyliafernandez@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja, stres dan kearifan lokal secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai di Politeknik Negeri Kupang. Metode penelitian menggunakan analisis <em>Structural Equation Modelling</em> (SEM) dengan pendekatan kuantitatif. Uji hipotesis penelitian menggunakan <em>software smartPLS</em>. Hasil penelitian menunjukan pengaruh beban kerja (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,284, nilai t statistic sebesar 3,032. Nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1.282; one tail; 10%). T statistic 3,032 &gt; T tabel 1.282. Hasil tersebut berarti bahwa beban kerja (X1) berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Pengaruh stres (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) menunjukkan nilai koefisien jalur sebesar -0,262, nilai t statistic sebesar 1,973. Nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1.282; one tail; 10%). T statistic 1,973 &gt; T tabel 1.282. Nilai tersebut berarti bahwa stres (X2) berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Pengaruh kearifan lokal (X3) terhadap kinerja pegawai (Y) menunjukkan nilai koefisien jalur sebesar 0,398 dengan nilai t statistic sebesar 3,759. Nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1.282; one tail; 10%). T statistic 3,759 &gt; T tabel 1.282. Nilai tersebut berarti bahwa kearifan lokal (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Variabel beban kerja, stress, dan kearifan lokal berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 0,508 (50,8 %), sedangkan sisanya sebesar 0,492 (49,2%) dijelaskan faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model.</p> 2022-08-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/610 NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT WATU MALADONG 2022-08-18T03:50:27+00:00 Christmas Prasetia Ate chris.ate@gmail.com Selfiana Ndapa Lawa selfiananlawa2207@gmail.com <p>Pulau Sumba yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki banyak keanekaragaman budaya dan adat istiadat, termasuk di dalamnya warisan cerita rakyat yang dikisahkan secara turun menurun dari nenek moyang terdahulu. Semua cerita rakyat di daerah ini tentunya memiliki nilai-nilai pendidikan karakternya masing-masing. Salah satunya adalah cerita rakyat yang berjudul Watu Maladong. Cerita rakyat ini dikisahkan dengan keunikannya tersendiri sesuai dengan latar belakang budaya dan nilai kehidupan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Watu Maladong. Metode penelitian yang digunakan &nbsp;adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah cerita rakyat Watu Maladong yang terkandung 16 nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa &nbsp;ingin tahu, (10) cinta tanah air, (11) menghargai prestasi, (12) bersahabat/ komunikatif, (13) cinta damai, (14) peduli lingkungan, (15) peduli sosial, dan (16) tanggung jawab.</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/607 The TARGET SITUATION ANALYSIS FOR ELECTRONICS INDUSTRIRES STUDIES AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL 2022-08-18T03:52:57+00:00 Adriansyah adriansyah adriansyah0324@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa dalam belajar bahasa Inggris pada jurusan Elektronika Industri. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa dalam belajar bahasa Inggris yang bermanfaat untuk pengembangan model dan isi pembelajaran kedepannya guna tercapainya target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah keinginan siswa. Peneliti menggunakan angket untuk mengetahui keinginan siswa dan juga wawancara untuk mengetahui keinginan siswa yang sebelumnya tidak tersampaikan dengan melalui angket. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan tujuh data target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa. Siswa memiliki keinginan yang kuat untuk belajar bahasa Inggris guna mendukung kemampuannya di industri kerja. Siswa memiliki keinginan kuat untuk baik dalam hal berbicara bahasa Inggris guna untuk meningkatkan kecakapan mereka dalam berkomunikasi.&nbsp; Siswa menginginkan metode pembelejaran dan penilaian </em>presentation<em> agar dapat melatih kecakapan dan mental mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Siswa juga menginginkan untuk menggunakan </em>full English<em> selama pembelajaran dan mengedepankan konteks Elektronika Industri untuk keseluruhan pembelajaran bahasa Inggris karena siswa menginginkan dapat bekerja di pabrik industri yang sesuai dengan jurusan mereka bersekolah saat ini. Data yang didapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan metode dan isi pembelajaran di jurusan Elektronika Industri agar tercapainya target situasi yang sesuai dengan kebutuhan keinginan siswa.</em></p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/603 The RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS’ SEATING POSITION AND STUDENTS’ ACHIEVEMENT AT JUNIOR HIGH SCHOOL 2022-08-18T03:56:35+00:00 Nora Dila Sarita noradilasarita01@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui apakah ada hubungan antara posisi tempat duduk siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 di SMP N 1 Talamau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Peneliti menggunakan cluster random sampling sebagai cara pengambilan sampel dalam penelitian ini. Peneliti melakukan uji homogenitas dan normalitas dengan melihat rata-rata nilai ulangan harian dari 3 kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, peneliti memilih kelas VII 3 sebagai kelas sampel sebanyak 26 siswa. Peneliti menggunakan kuesioner dan rata-rata nilai ulangan harian bahasa Inggris siswa sebagai instrumen dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara posisi duduk siswa dengan hasil belajar rxy = 0,121 dan t_hitung 0,377 lebih kecil dari t_tabel 0,388 (t_hitung&lt;t_tabel).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa posisi tempat duduk siswa tidak ada hubungan dengan prestasi belajar siswa di SMP N 1 Talamau maka H1 ditolak dan H0 diterima.</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/601 STUDENTS’ MOTIVATION ON ONLINE LEARNING DURING COVID-19 AT SENIOR HIGH SCHOOL IN SIBERUT SELATAN 2022-08-18T03:50:27+00:00 Adela Maharani Putri adelamaharaniputri005@gmail.com M. Khairi Ikhsan khairi84ikhsan@gmail.com Hevriani Sevrika sevrikariecha@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <pre class="tw-data-text tw-text-large tw-ta" dir="ltr" style="text-align: left;" data-placeholder="Terjemahan"><span class="Y2IQFc" lang="en">The purpose of this study was to find out how the motivation of students at SMA N 1 Siberut Selatan in learning online during the pandemic. This study uses a qualitative method. The data collection technique used is total sampling. The participants in this study were twenty-four students from class XI IIS. The instrument of this research is to distribute a questionnaire (questionnaire), interview and also record voice (interview). Collecting data by distributing questionnaires to twenty-four students and interviewing five students. Researchers used intrinsic and extrinsic motivation as data sources and used a questionnaire in collecting data and interviews as data reinforcement. Based on data analysis, the researcher concluded that the motivation of students in class XI of SMA N 1 Siberut Selatan towards online learning was high. Keywords: Student Motivation, Online Learning.<br><br><strong>Abstrak</strong><br></span></pre> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa di SMA N 1 Siberut Selatan dalam belajar online di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah total sampling. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak dua puluh empat siswa dari kelas XI IIS. Instrumen penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket (questionnaire), mewawancarai dan juga merekam suara (interview). Pengumpulan data dengan cara membagikan questionnaire ke dua puluh empat siswa dan mewawancarai lima siswa. Peneliti menggunakan Intrinsic dan Ekstrinsik motivasi sebagai sumber data serta menggunakan questionnaire dalam mengumpulkan data dan interview sebagai penguat data. Berdasarkan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa motivasi siswa di kelas XI SMA N 1 Siberut Selatan terhadap pembelajaran online, tinggi.</p> <p><em>Kata Kunci : Motivasi Siswa, Pembelajaran Online</em></p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/597 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS BUDAYA LOKAL TIMOR TENGAH SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 2022-08-18T03:50:26+00:00 Vera Rosalina Bulu veraros0451@gmail.com <p>Salah satu komponen pembelajaran yang penting untuk di kembangkan dan dimaksimalkan yaitu bahan/materi ajar sebab bahan ajar yang baik dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran bagi guru dan meningkatkan pemahaman materi bagi siswa. Masalah yang ditemukan di lapangan yaitu penggunaan bahan ajar yang belum kontekstual sehingga sulit bagi siswa untuk memahami materi yang disajikan. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal Timor Tengah Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment design. sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Lakat kelas A dan Kelas B berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis parsyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji matriks varians – kovarians. Selanjutnya, menggunakan uji N- Gain dan uji efektivitas untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika materi geometri kelas V, SD Inpres Lakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis budaya lokal Timor Tengah Selatan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lakat, Timor Tengah Selatan. Terlihat bahwa nilai N-Gain hasil belajar siswa kelas ekperimen sebesar 0,60 dan kelas kontrol sebesar 0,39. Hal ini menunjukan bahwa penerapan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal Timor Tengah Selatan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu, dapat dilihat hasil uji <em>effect size</em> yaitu 1,50 termasuk dalam kategori tinggi.</p> 2022-08-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/594 THE EFFECTIVENESS OF USING TIME TOKEN AREND STRATEGY TO IMPROVE STUDENT’S SPEAKING ABILITY 2022-08-18T03:50:27+00:00 Defitta Ardiman Putri defitta129@gmail.com Siska fahlevi siskafahlevi5@gmail.com Siska fahlevi siskafahlevi5@gmail.com Dian Mega Putri dianmega25januari@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This study aims to determine the effect of using the Time Token Arend strategy on the ability to speak English in class VIII MTsN 1 Mentawai Islands. This research is a quantitative research that uses a pre-experimental method, with a one group pre-test-posttest design. In the experimental class, treatment is given using the Time Token Arend strategy. The population of this study is class VIII MTsN 1 Mentawai Islands academic year 2021/2022, totaling 78 people consisting of 3 classes namely VIII 1, VIII 2 and VIII 3. The sample class is determined by homogeneity and normality tests, which are selected as experimental classes is VIII 2. The instrument used is a speaking test. The results of the students' English speaking ability scores were analyzed using the pre-test and post-test patterns. After averaging, the average pretest score is 60.56 and the posttest average is 74.08. After the t-test, it is known that the t-count value is greater than the t-tables value (9.14&gt; 2.06). Testing this hypothesis is done by t-table test, after doing t-count = 9.14 is greater than t-tables = 2.06 in the level of significance of 0.05. Thus, the findings state that the hypothesis in this study is accepted, because using the time token arend strategy has an effect on students' English speaking skills.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Effectiveness, Time Token Arend, Speaking Ability</p> <p>Abstrak<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Time Token Arend terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa kelas VIII MTsN 1 Kepulauan Mentawai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pra eksperimen, dengan rancangan one group pre-test-posttest design. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi Time Token Arend. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kepulauan Mentawai tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 78 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu VIII 1, VIII 2 dan VIII 3. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas dan normalitas, yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII 2. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara. Hasil skor kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dianalisis dengan menggunakan pola pre-test dan post-test. Setelah dirata-ratakan, rata-rata nilai pretest adalah 60,56 dan rata-rata posttest adalah 74,08. Setelah dilakukan uji t diketahui bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (9,14 &gt; 2,06). Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t-tabel, setelah dilakukan t-hitung = 9,14 lebih besar dari t-tabel = 2,06 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, temuan tersebut menyatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, karena penggunaan strategi time token arend berpengaruh terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa.<br>Kata kunci: Efektivitas, Time Token Arend, Kemampuan Berbicara</p> 2022-08-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/431 PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PENERJEMAH PADA ABSTRAK JURNAL MAHASISWA 2022-01-25T11:07:15+00:00 Selfiana Triyanty Ndapa Lawa selfiananlawa2207@gmail.com Christmas P. Ate chris.ate@gmail.com Viktorius P. Feka viktoriuspf@gmail.com <p><strong>Abstract</strong><br>The aim of this study is to describe the use of google translate as an alternative medium for translating <br>Indonesian to English texts in students’ journals. This study uses a qualitative method with a <br>descriptive approach. The instruments used in this research are questionnaire, interview and <br>documentation. The results 80% stated the results of the translation using google translate were <br>"accurate", 14.28% said "quite accurate", while 5.72% "inaccurate". The results of the google translate <br>was said accurate because google translate has improved the quality of translation from statistical <br>machine translation method to neural mechanic translation. It was quite accurate because the result of <br>translating one long sentence and many paragraphs, google translate gave fair result. While it was said <br>as inaccurate because the translation results from google translate had many flaws therefore the <br>translation results were referred as pre-translations which needed to be rechecked by users. The <br>problem faced by students were related to differences in the structure or pattern of Indonesian and <br>English as well as exactness of words based on context. Based on the documentation study, it was <br>known that the auxiliary verb –is- should be –was- because the activity had happened in the past, <br>while –method- should be –methods- because it was plural so letter –s at the end of the word. <br>Meanwhile, it was found that there were some discrepancies of words from the source language to the <br>target language, including the younger, which especially, the morality aspect, at and in.<br><br><strong>Abstrak</strong><br>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan google translate sebagai alternatif media <br>penerjemah teks Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris pada jurnal mahasiswa. Penelitian ini <br>menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Instrument yang digunakan dalam <br>penelitian ini adalah angket, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh <br>dikategorikan menjadi persepsi mahasiswa terhadap hasil terjemahan menggunakan google translate<br>dan masalah yang ditemui mahasiswa saat menggunakan google translate. Dari hasil analisa data, <br>diketahui 80% menyatakan hasil terjemahan menggunakan google translate “tepat”, 14,28% <br>menyatakan “cukup tepat”, sedangkan 5,72% menyatakan “tidak tepat”. Hasil terjemahan google <br>translate dinilai tepat karena google translate telah mengalami peningkatan kualitas penerjemahan<br>dari metode statistical machine translation menjadi neural mechanic translation. Hasil terjemahan <br>google translate dikatakan cukup tepat karena saat menerjemahkan kosakata dalam satu kalimat dan <br>banyak paragraf, google translate akan memberikan hasil yang cukup tepat. Sedangkan tidak tepat <br>karena hasil terjemahan dari google translate masih memiliki banyak kekurangan dan tidak <br>menghasilkan terjemahan yang akurat, sehingga hasil terjemahan disebut sebagai pre-translation atau <br>masih perlu disempurnakan oleh penggunanya. Permasalahan yang ditemui mahasiswa adalah terkait <br>perbedaan struktur atau pola Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta kesesuaian kata berdasarkan <br>konteks. Berdasarkan studi dokumentasi diketahui bahwa kata kerja bantu is harusnya menjadi was<br>karena penggunaannya sudah terjadi di masa lampau, sedangkan method harusnya menjadi methods <br>karena berbentuk jamak sehingga adanya penambahan huruf –s pada kata benda jamak tersebut. <br>Sedangkan untuk kesesuaian kata berdasarkan konteks ditemukan beberapa ketidaksesuaian kata dari <br>bahasa sumber ke bahasa sasaran diantaranya adalah the younger, which especially, aspek morality, <br>at dan in.</p> 2022-01-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/430 PENGARUH INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MANIK – MANIK BILANGAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 2022-01-24T08:26:53+00:00 Roswita Lioba Nahak roswitaliobanahak@gmail.com Femberianus Sunario Tanggur febrian.barca46@gmail.com Jhon Enstein enstein.exe@gmail.com <p><strong>Abstract.</strong></p> <p>This study aims to determine the magnitude of the effect of the integration of direct learning models and interactive multimedia-based number beads on the learning outcomes of the fourth-grade students at the Oekabiti Catholic Elementary School, Kupang Regency. This study uses a quasi-experimental method with a posttest-only design type with the non-equivalent control group. There are 20 students taken as the population of this study, while the sample collection technique is achieved by using the census method, so the number of samples is 20 students. The instrument applies study documentation and tests.&nbsp; However, before the test instrument is used, the validity, reliability, distinguish, and difficulty index of the questions will be tested to obtain the validity of the instrument. The data analysis technique uses the independent t-test, but before the t-test is carried out, the data analysis requirements are tested, namely normality and homogeneity tests.&nbsp; The results showed that the test instrument in the form of 20 test items was proved to be valid, reliable. It also had good discriminating power and an intermediate level of difficulty.&nbsp; Meanwhile, the results of the normality and homogeneity tests showed that all data were normally and homogeneously distributed.&nbsp; The results of the hypothesis test showed that there is a difference in the average value between the control class and the experimental class which indicates that the experimental class is better at using a direct learning model assisted by interactive multimedia-based interactive media than that of the control class. The mean posttest value of the experimental class was 86.25 while the control class was 77.00, meaning 82.25 &gt; 77.00, and based on the independent test results, the sample t-test showed a significance value of 0.000 &lt;0.005.&nbsp; Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the integration of the direct learning model with interactive multimedia-based number beads on the learning outcomes of the fourth-grade students.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Keywords</strong>: of direct learning models, number beads, interactive multimedia</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak.</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh integrasi model pembelajaran langsung dan manik – manik bilangan berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Katolik Oekabiti Kabupaten Kupang. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan jenis&nbsp; desain <em>posttest only with non equivalent control group</em>. Populasi berjumlah 20 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus, sehingga jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Instrumen menggunakan studi dokumentasi dan tes. Namun sebelum instrument tes&nbsp; digunakan akan diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan&nbsp; tingkat kesukaran soal untuk mendapatkan keabsahan instrument. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test, namun sebelum dilakukan uji t dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes sebanyak 20 soal dinyatakan, valid, reliabel, memiliki daya pembeda soal yang baik serta memiliki tingkat kesukaran soal yang sedang. Sementara itu hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan semua data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen lebih baik menggunakan model pembelajaran langsung berbantu media manik-manik bilangan berbasis multimedia media interaktif daripada pada kelas kontrol. Rata – rata mean nilai posttest kelas ekperimen 86,25 sedangkan kelas kontrol sebesar 77,00, artinya 82,25 &gt; 77,00 serta berdasarkan hasil uji independet sample t-test menunjukkan&nbsp; nilai signifikansi 0,000 &lt;0,005. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh integrasi model pembelajaran langsung yang signifikan dengan manik – manik bilangan berbasis multimedia interaktif terhadap&nbsp; hasil belajar siswa kelas IV.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Integrasi model pembelajaran, manik-manik bilangan, multimedia interaktif</p> 2022-01-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/428 ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MENGUNAKAN FUZZY LOGIC 2022-01-24T04:57:06+00:00 Yanto Metusalak Snae yantosnae0@gmail.com Gerlan Apriandy Manu gerlan.manu@gmail.com Diana Yanni Ariswati Fallo dianayani25@gmail.com <p><strong>Abstract.</strong> The purpose of the study was to determine the level of student satisfaction with the performance of lecturers using the fuzzy logic method at the Health Faculty of the S1 Nursing Study Program at Citra Bangsa University. The results of this study indicate that there is a significant influence between student satisfaction on the performance of lecturers at the 2019 Undergraduate Nursing Study Program at Citra Bangsa University. This is evidenced by the results of data analysis where a significant level of student satisfaction with lecturer performance is obtained with a value of 75 according to the final assessment criteria (66-80) which is said to be satisfied. So that Ha is accepted or there is an influence on student satisfaction on lecturer performance.</p> <p><strong>&nbsp;</strong><strong>Abstrak.</strong> Tujuan Penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen dengan menggunakan metode fuzzy logic pada Fakultas Kesehatan Program Studi S1 Keperawatan di Universitas Citra Bangsa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat penggaruh yang signifikan antara kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen pada Prodi S1 Keperawatan Angkatan 2019 Universitas Citra Bangsa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan analisis data dimana diperoleh taraf signifikan kepuasan mahasiswa terhadap kenerja dosen dengan nilai sebesar 75&nbsp; sesuai dengan kriteria penilaian akhir (66-80) di katakan Puas. Sehingga Ha di terima atau terdapat penggaruh terhadap kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen.</p> 2022-01-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/427 LEGALISASI KEKERASAN TERHADAP ANAK DALAM BERITA HARIAN TEMPO: ANALISIS WACANA KRITIS 2022-01-24T04:58:10+00:00 Viktorius Paskalis Feka viktoriuspf@gmail.com Selfiana Triyanti M. Ndapa Lawa selfiananlawa2207@gmail.com <p>This study aims to describe the construction of the text on violence against children presented by <em>Tempo Media</em>; to describe the injustices carried out and produced by <em>Tempo</em> media practitioners through their news texts; and to describe the textual relations with the social context behind <em>Tempo's</em> news texts. This research employs descriptive qualitative in the form of a critical linguistic perspective. The data analysis technique used in this research is Norman Fairclough's Critical Discourse Analysis Theory, that is to say, text analysis, discourse practice analysis, and sociocultural practice analysis. The results of this research showed that based on the textual analysis there is social inequality in Tempo’s news discourse. This is known by the use of choice of words (vocabulary) that marginalizes children. The choice of words used by <em>Tempo</em> in its reporting implies an ideology of the legalization of violence against children. <em>Tempo</em> still places children as the weak who deserve to be mistreated. Based on the discource practice analysis, it was found that news of violence at <em>Tempo</em> was still dominant; there might be differences of opinion at the editorial level; news of violence against children was dramatized. Meanwhile, based on the sociocultural analysis, it turns out that <em>Tempo</em> adheres to the ideology of marginalization or the superordination of adults over children. This marginalization practice occurs due to the misrepresentation different from exclusion in which excommunication or exclusion of other groups/people is seen as <em>the others</em>.</p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konstruksi teks pemberitaan kekerasan terhadap anak yang dihadirkan <em>Tempo</em>; mendeskripsikan ketidakadilan yang dijalankan dan diproduksi praktisi media <em>Tempo</em> melalui teks-teks beritanya; serta mendeskripsikan relasi tekstual dengan konteks sosial yang tersembunyi di balik teks-teks berita <em>Tempo</em>. Tipe penelitian&nbsp; yang dipakai dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif dalam perspektif linguistik kritis. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough, yaitu analisis teks, analisis praktik kewacanaan, dan analisis praktik sosiokultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis tekstual, terdapat ketimpangan sosial pada wacana berita <em>Tempo</em> dengan pilihan kata-kata (kosakata) yang meminggirkan kaum anak. Pilihan kata yang dipakai <em>Tempo</em> dalam pemberitaannya mengandung makna legalisasi kekerasan terhadap anak. Tempo masih menempatkan anak sebagai kaum tak berdaya yang pantas dianiaya. wacana berita mengenai anak sebagai subjek dalam pemberitaan mungkin saja bukan menjadi ideologi media <em>Tempo</em>, sehingga wacana berita anak sebagai objek yang ditonjolkan. Berdasarkan analisis praktik wacana, ditemukan bahwa berita kekerasan di Tempo masih dominan; adanya perbedaan pandangan di tingkat redaksional; adanya dramatisasi pada berita kekerasan terhadap anak. Sementara itu, berdasarkan analisis sosiokultural, ternyata Tempo sesungguhnya menganut ideologi marginalisasi atau superordinasi orang dewasa terhadap anak-anak. Praktik marginalisasi ini terjadi karena adanya misrepresentasi yang berbeda dengan ekslusi dan pengucilan, yang dalam ekskomunikasi atau eksklusi kelompok/orang lain dipandang sebagai <em>the others</em>.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-01-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/424 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MINAT BELAJAR 2022-01-24T04:57:06+00:00 Diana Yani Fallo dianapationa@gmail.com Maria Sogen mariasogen@ucb.ac.id Elen Roga elenroga@gmail.com <p>This type of research was quantitative with an experimental method.&nbsp; The procedure employed in this research was the class was given a pre-test and post-test as well as the results of the validity test, reliability test, normality test, and hypothesis test.&nbsp; Reliability was used to measure an instrument with two or more answer choices and for an instrument with more than two answer choices. It is said to be reliable if the Cronbach Alpha reliability coefficient is between 0.70 - 0.90 and the results obtained from the results of the questionnaire validity test are 0.721. The test results showed that the use of learning media influences students' achievement.</p> 2022-01-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/394 KOSAKATA SEBAGAI METODE MEMBACA CEPAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR 2022-01-24T04:57:06+00:00 Asti Yunita Benu astiyunitabenu@gmail.com Agnes Maria Diana Rafael rafaelagnesmariadiana@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru menggunakan kosakata sebagai metode membaca cepat&nbsp; pada pembelajaran Bahasa Indonesia guna mengembangkan kecepatan membaca siswa Kelas IV SD Inpres Labat Kota Kupang. Jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskripsi analisis yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kreatifitas dalam menggunakan kosakata sebagai metode membaca guna mengembangkan kecepatan membaca siswa terlihat pada aktifitas guru saat membiasakan siswa untuk belajar kosakata dengan bantuan media kartu huruf, mengingatkan siswa agar pada saat membaca usahakan gerakan anak mata secara vertikal atau ke bawah bukan ke samping, menyisipkan waktu khusus pada saat pembelajaran berlangsung untuk melatih siswa membaca, membagi siswa dalam bentuk kelompok serta setiap kelompok ada siswa yang kecepatan membacanya sudah baik agar bisa membantu teman yang kecepatan membaca belum lancar.</p> 2022-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/390 ANALISIS UNSUR INTRINSIK NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA 2022-01-24T04:57:06+00:00 Christmas Prasetia Ate chris.ate@gmail.com Selfiana Triyanti Ndapa Lawa selfiananlawa2207@gmail.com <p>Novel merupakan salah satu jenis prosa fiksi yang banyak diminati oleh setiap orang. Novel menceritakan curahan hati manusia yang di dalamnya berisi pengalaman, ide, perasaan dan kerinduan dari penulis yang dituangkan dalam suatu cerita fiksi sebuah prosa. Setiap prosa fiksi memiliki unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang membangun suatu cerita sehingga menjadi menarik bagi pembacanya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinstrik dari novel “Ayah” karya Andrea Hirata, yang terdiri dari tema, alur cerita, latar cerita, penokohan, sudut pandang, gaya Pengungkapan dan amanat. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pustaka dan analisis dokumen untuk menganalisis data. Hasil penelitian menggambarkan semua isi unsur intrinsik terdapat pada novel ini, diantaranya Tema: Kasih Sayang, Cinta, Penolakan dan Persahabatan. Alur cerita yang digunakan yaitu Campuran. Latar Cerita, tempat: daerah Belitong, Sumatera Selatan dan Australia; waktu: sekitar tahun 1980an hingga 2013. Penokohan berisi tokoh: Sabari, Zorro, Marlena, Ukur dan Tamat. Novel ini mengguanakan sudut pandang orang ketiga dengan gaya pengungkapan yaitu menggunakan majas personifikasi, metafora, hiperbola dan sebagian dialek Melayu. Amanat pada novel ini yaitu mencintai itu bukan soal menang atau kalah, Jangan sepelekan niat baik yang mungkin tidak terlihat oleh manusia, sahabat tidak akan meninggalkan kita di saat apapun.</p> 2022-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/388 PERSEPSI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS CITRA BANGSA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE 2022-01-24T04:57:06+00:00 Yulsy Marselina Nitte yulsynitte@ymail.com Heryon Bernard Mbuik bernardmalole@gmail.com <p>Tatanan hidup dunia mengalami perubahan yag sangat drastis sejak awal dimulainya masa pandemi COVID-19, hal ini juga bahkan telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan. Ini memaksa semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan proses pengajaran yang telah berlangsung.</p> <p>Pembelajaran online menjadi solusi efektif untuk mengaktifkan kelas meski sekolah dan kampus telah ditutup dan para siswa dan mahasiswa belajar dari rumah secara online mengingat waktu dan tempat menjadi sangat beresiko terjadi penularan dan pembentukan cluster baru pada masa pandemic ini. Namun, teknik pembelajaran ini penting untuk dievaluasi sesuai dengan kondisi setempat mengingat sebaran fasilitas dan kemampuan orang tua memberikan fasilitas pembelajaran<em> online</em> berbeda di Kota Kupang NTT</p> <p>Tujuan penelitian ini sebagai tinjauan umum terkait pembelajaran pada masa pandemic COVID-19 yaitu menganalisis persepsi mahasiswa PGSD FKIP Universitas Citra Bangsa terhadap Pembelajaran Online. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa pendapat dan jabaran dari responden yang dilakukan dengan cara memberikan instrument penelitian berupa angket respons dalam bentuk <em>google form</em>. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan skema analisis kualitatif oleh (Sugiyono 2011) dan untuk mengecek keabsahan data hasil penelitian maka dilakukan triangulasi data.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2022-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/387 PEMANFAATAN SLIMS (SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) SEBAGAI E-LIBRARY DI UNIVERSITAS CITRA BANGSA 2022-01-24T04:57:06+00:00 Gerlan Apriandy Manu gerlan.manu@gmail.com Diana Yanni Ariswati Fallo dianayani25@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p>There is an Open Source Library Management Application called SLiMS (Senayan Library Management System), developed by SDC (Senayan Developers Community). SLiMS is one of the library automation systems that can perform library management processing activities such as OPAC/Online Public Access Catalog, Bibliography, Circulation services, Membership Management, Reporting and Control of serial publications automatically. Citra Bangsa University is one of the universities in Province East Nusa Tenggara which is growing towards a Digital Campus. The use of information systems is emphasized in several education managements, including library management. This study uses a descriptive qualitative method which in this study reviews the use of SliMS as an E-library at Citra Bangsa University.</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Terdapat sebuah aplikasi Open Source Manajemen Perpustakaan yang dinamakan SLiMS (Senayan Library Management System), dikembangkan oleh SDC (Senayan Developers Community). Aplikasi SLiMS ini merupakan salah satu sistem automasi perpustakaan yang dapat melakukan kegiatan pengolahan manajemen perpustakaan seperti penelusuran OPAC/ Online Public Accses Catalog, bibliografi, layanan sirkulasi, manajemen keanggotaan, pelaporan dan kendali terbitan berseri secara otomatisasi. Universitas Citra Bangsa adalah salah satu Perguruan Tinggi di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang semakin berkembang menuju Kampus Digital. Penggunaan sistem informasi ditekankan dalam beberapa manajemen perguruan tinggi termasuk di dalamnya adalah manajemen perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dimana dalam penelitian ini mengulas tentang pemanfaatan SliMS sebagai E-library di Universitas Citra Bangsa.</p> 2022-01-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/article/view/386 KONSTRUKSI KALIMAT TRANSITIF BAHASA MELAYU KUPANG ( KAJIAN TATABAHASA LEKSIKAL FUNGSIONAL) 2022-01-24T04:57:06+00:00 Agnes Maria Diana Rafael rafaelagnesmariadiana@gmail.com Darius Y Nama dennyardiansya@yahoo.com <p><strong>Abstract.</strong> Kupang Malay &nbsp;is a language that belongs to Malay language family. Typologically, the morphology of Kupang Malay is classified as agglutinating language, which is a language that has a morpholexical process. This study aims to examine the construction of Kupang Malay transitive sentences using functional lexical grammar studies. The research method used is descriptive-qualitative method, because it is considered capable of providing a systematic, accurate, and factual explanation of the data, properties and relationships of the phenomena studied and ultimately produces a scientific picture of the data (Djajasudarma, 1993:8) . The types of data collected and analyzed in this study were all oral data sourced from informants who were Kupang Malay native speakers. This study used the equivalent analysis method and the <em>agih</em> method. The results of the research concluded that the transitive sentence construction of Kupang Malay consists of an intransitive verb clause and a ditransitive verb clause. For example, in transitive verbs the number '<em>angka</em>' there is the only OBJ in the grammatical relation, which is present as the main argument needed by a verb other than SUBJ in each verb. Kupang Malay's transitive clause structure with numeric verbs as the core of the clause occupies the predicate position, so that the verb must be present unmarked or is a verb without affixes. Furthermore, the second type of transitive verb is contained in a ditransitive clause. The ditransitive verb has three main arguments in grammatical functions as SUBJ, OBJ, and OBJɵ.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-01-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan