PERANCANGAN SPK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

PERANCANGAN SPK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Authors

  • Anastasia Luisa Itta Mahasiswa

Keywords:

nalitical Hierarchy Procces, Sistem Pendukung Keputusan.

Abstract

Menjadi siswa berprestasi adalah impian setiap anak usia sekolah. Untuk menentukan siswa berprestasi SMA Kristen Citra Bangsa menggunakan kriteria nilai raport, yaitu nilai pengetahuan, nilai keterampilan dan nilai sikap (spiritual dan sosial), namun nilai sikap (spiritual dan sosial) tidak dimasukkan dalam penghitungan nilai akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode AHP (analytical hierarchy process), karena metode ini bersifat mutikriteria yang bisa membandingkan beberapa kriteria, yaitu kriteria akademis meliputi indeks pengetahuan dan keterampilan, dan non-akademis meliputi indeks sikap (spiritual dan sosial), absensi, ekstarakurikuler, dan prestasi lomba. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam perancangan sistem penentuan siswa berprestasi berdasarkan perankingan yang didapatkan dari perhitungan bobot kriteria dan bobot siswa tersebut. Hasil perankingan ini bisa digunakan guru dalam pengambilan keputusan, karena siswa yang nilainya tertinggi dikatakan sebagai siswa berprestasi. Dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem yang dibuat bisa digunakan untuk menentukan siswa berprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Itta, A. L. (2019). PERANCANGAN SPK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS: PERANCANGAN SPK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika (JUMPIKA), 1(1), 1–13. Retrieved from https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jumpika/article/view/59