PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR INPRES BERTINGKAT OEBOBO 2 KOTA KUPANG

Authors

  • nova lia lani Program studi PGSD universitas Citra Bangsa

Keywords:

talking stick, hasil belajar, ceramah.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pra observasi dan wawancara di SD Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang, terdapat 17 siswa atau 77,27% yang belum mencapai KKM dan pada kelas VB adalah 68 yang terdapat 15 siswa atau 68,18% yang belum mencapai KKM. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar IPS siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang masih rendah. Selain itu pada saat proses pembelajaran berlangsung guru cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian ini menggunakan Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Desainyang digunakan adalah The Nonequivalent Control Group Desigen. Yang mempehitungkan skor post test. Hasil analisis data menunjukan, nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,36 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 64,30 dengan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka tolak H0 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Talking Stick terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang.

Downloads

Published

2021-07-24