PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DI SD INPRES LABAT KOTA KUPANG
Keywords:
Hasil Belajar, metode peta konsepAbstract
ABSTRAK
Damaris Attun Rika Rahayu Millu, 2019, Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III di SD Inpres Labat Kota Kupang. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Citra Bangsa Kupang. Pembimbing I : Asti Yunita Benu, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II : Femberianus S. Tanggur, S.Pd., M.Pd.
Ilmu Pengetahun Sosial (IPS), adalah suatu mata pelajaran yang menelaah tentang perilaku manusia secara individual dan interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Pembelajaran IPS khususnya pada materi lingkungan alam dan lingkungan buatan di kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang sekitar 70% belum memenuhi KKM sedangkan sebanyak 30% yang memenuhi KKM. Hal tersebut berakibat karena pengunaan metode masih sulit dipahami oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peta Konsep yang dilaksanakan di SD Inpres Labat dengan populasi 56 siswa dan sampelnya adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelas III B sebagai Kelas Kontrol sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menggunakan metode peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian menunjukan adanya hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan metode peta konsep dan tanpa menggunakan metode peta konsep, dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yaitu kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu (85,57 > 78,42) dan dilihat dari nilai sig data uji hipotesis < 0,05 yaitu (0,15 < 0,05) jai kesimpulan tolak Ho sehingga dikatakan ada perbedaan hasil belajar menggunakan metode peta konsep dengan pembelajaran konvesional jadi dikatakan ada pengaruh penggunaan metode peta konsep terhadap hasil belajar IPS kelas III di SD Inpres Labat Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).