PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES LABAT KOTA KUPANG

Authors

  • demsi danial kouanak PGSD

Keywords:

Pengaruh, Model pembelajaran Scramble, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Mata pelajaran IPA seharusnya berpusat pada aktivitas siswa, artinya tugas guru hanya sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran , namun kondisi di SD Inpres Labat Kota Kupang, pembelajaran sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelemahan model konvensional yaitu: mudah terjadinya verbalisme, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran inovatif untuk

 mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran scramble. model pembelajaran scramble dapat membuat proses pembelajaran lebih bermakna dikarenakan siswa dapat menemukan konsep-konsep IPA melalui penyajian masalah yang dekat dengan kehidupan siswa sehingga dapat membangun pemahamannya secara mandiri.

  ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Labat Kota Kupang.

Jenis penelitian ini menggunakan jenis model penelitian quasi eksperimen (sistematis), yang dilaksanakan dengan adanya kelompok pembanding berbentuk kontrol yaitu nonequivalent control groub design. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Labat Kota Kupang yang berjumlah 74 siswa dan sebagai sampel yaitu siswa yang mendapat nomor urut kelipatan tiga sebagai kelas eksperimen dan siswa yang tidak mendapat nomor urut kelipatan tiga sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen rata-rata lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol atau 83,04 > 51,54. Selanjutnya berdasarkan uji independen T-test menunjukan nilai sig ( 2-tailed) 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar  IPA kelas IV di SD Inpres Labat Kota Kupang

Downloads

Published

2021-07-24