PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES LABAT KOTA KUPANG
Keywords:
Pengaruh, Model pembelajaran Scramble, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Mata pelajaran IPA seharusnya berpusat pada aktivitas siswa, artinya tugas guru hanya sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran , namun kondisi di SD Inpres Labat Kota Kupang, pembelajaran sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelemahan model konvensional yaitu: mudah terjadinya verbalisme, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran inovatif untuk
mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran scramble. model pembelajaran scramble dapat membuat proses pembelajaran lebih bermakna dikarenakan siswa dapat menemukan konsep-konsep IPA melalui penyajian masalah yang dekat dengan kehidupan siswa sehingga dapat membangun pemahamannya secara mandiri.
”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Labat Kota Kupang.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis model penelitian quasi eksperimen (sistematis), yang dilaksanakan dengan adanya kelompok pembanding berbentuk kontrol yaitu nonequivalent control groub design. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Labat Kota Kupang yang berjumlah 74 siswa dan sebagai sampel yaitu siswa yang mendapat nomor urut kelipatan tiga sebagai kelas eksperimen dan siswa yang tidak mendapat nomor urut kelipatan tiga sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen rata-rata lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol atau 83,04 > 51,54. Selanjutnya berdasarkan uji independen T-test menunjukan nilai sig ( 2-tailed) 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SD Inpres Labat Kota Kupang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).