PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDK STA. MARIA ASSUMPTA KOTA KUPANG

Talking Stick, Minat Belajar

Authors

  • Yuli Yuliana Lisu Prodi S-1 PGSD Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Talking Stick, interest in learning.

Abstract

Minat belajar  merupakan  salah  faktor  yang penting bagi siswa dalam keberhasilan pembelajaran  yang  dimana ditingkatkan dengan  penerapan model pembelajaran salah satunya model pembelajaran  talking stick. Talking  stick  merupakan  salah  satu  model  pembelajaran  kooperatif yang dimana untuk melatih  berbicara  peserta didik dalam  proses  pembelajaran serta  mendorong  siswa untuk berani  mengemukakan  pendapat. Tujuan  penelitian  ini  yaitu untuk  mengetahui pengaruh penerapan  model  pembelajaran  talking stick  terhadap  minat  belajar  siswa  kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang. Penelitian ini  menggunakan  metode quasi eksperimen nonequivalent control group design.Teknik pengumpulan data dalam  penelitian  ini  dilakukan  dengan  dokumentasi dan angket serta teknik analisis data  menggunakan jenis kuantitatif. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  rata-rata  nilai  kelas eksperimen lebih besar dari kelas  kontrol ( 82.12 >61,14). Selanjutnya hasil uji t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka tolak H0 terima Ha,  sehingga dapat disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model  pembelajaran  talking  stick  terhadap  minat  belajar  siswa pada  mata pelajaran IPA kelas IV SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang.

Downloads

Published

2021-07-24