PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDK STA. MARIA ASSUMPTA KOTA KUPANG
Talking Stick, Minat Belajar
Keywords:
Talking Stick, interest in learning.Abstract
Minat belajar merupakan salah faktor yang penting bagi siswa dalam keberhasilan pembelajaran yang dimana ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran salah satunya model pembelajaran talking stick. Talking stick merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dimana untuk melatih berbicara peserta didik dalam proses pembelajaran serta mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen nonequivalent control group design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan angket serta teknik analisis data menggunakan jenis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol ( 82.12 >61,14). Selanjutnya hasil uji t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka tolak H0 terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).