PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDI SIKUMANA 3 KOTA KUPANG

Alat peraga dakon, hasil belajar matematika.

Authors

  • Paul Paulina Laukamang Prodi S-1 PGSD Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Dakon Teaching aids, mathematics learning outcomes.

Abstract

Matematika adalah cabang ilmu pengatahuan yang bersifat abstrak, keabstrakan objek dalam matematika inilah yang membuat matematika itu sulit terutama pada pendidikan sekolah dasar. Pembelajaran matematika khususnya materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di kelas IV SDI Sikumana 3 Kota Kupang sekitar 70% belum memenuhi KKM sedangkan sebanayak 30% yang memenuhi KKM. Hal tersebut berakibat karena penggunaan media masih sulit dipahami siswa.

Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan alat peraga dakon pada saat proses pembelajaran, untuk mengetahui apakah ada pengeruh penggunaan alat peraga dakon yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini meggunakan metode kuantitaif jenis penelitian Quasi Eksperimen Desaigen dengan jenis rancangan Nonequinvalent Control Group Desigen untuk menguji data hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukan adanya hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan alat peraga dakon dan tanpa menggunakan alat peraga dakon, dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yaitu kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu (80,23 > 72,36 dan dilihat juga dari nilai sig data uji hipotesis < 0,05 yaitu (0,045 < 0,05) maka kesimpulannya tolak Ho sehingga dikatakan ada perbedaan hasil belajar menggunakan alat peraga dakon dengan pembelajaran konvensional maka dikatakan ada pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDI Sikumana 3 Kota Kupang.

Downloads

Published

2021-07-25