PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDI SIKUMANA 3 KOTA KUPANG
Alat peraga dakon, hasil belajar matematika.
Keywords:
Dakon Teaching aids, mathematics learning outcomes.Abstract
Matematika adalah cabang ilmu pengatahuan yang bersifat abstrak, keabstrakan objek dalam matematika inilah yang membuat matematika itu sulit terutama pada pendidikan sekolah dasar. Pembelajaran matematika khususnya materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di kelas IV SDI Sikumana 3 Kota Kupang sekitar 70% belum memenuhi KKM sedangkan sebanayak 30% yang memenuhi KKM. Hal tersebut berakibat karena penggunaan media masih sulit dipahami siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan alat peraga dakon pada saat proses pembelajaran, untuk mengetahui apakah ada pengeruh penggunaan alat peraga dakon yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini meggunakan metode kuantitaif jenis penelitian Quasi Eksperimen Desaigen dengan jenis rancangan Nonequinvalent Control Group Desigen untuk menguji data hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan adanya hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan alat peraga dakon dan tanpa menggunakan alat peraga dakon, dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yaitu kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu (80,23 > 72,36 dan dilihat juga dari nilai sig data uji hipotesis < 0,05 yaitu (0,045 < 0,05) maka kesimpulannya tolak Ho sehingga dikatakan ada perbedaan hasil belajar menggunakan alat peraga dakon dengan pembelajaran konvensional maka dikatakan ada pengaruh penggunaan alat peraga dakon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDI Sikumana 3 Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).