PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD INPRES LABAT KOTA KUPANG
Keywords:
media cerita bergambar, kemampuan menulis siswa.Abstract
Skripsi, Kole, Imaculata. NIM: 151300073, 2020. PGSD Universitas Citra Bangsa Kupang, Judul Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Pembimbing: Pembimbing I Asti Yunita Benu, S.Pd., M.Pd Pembimbing II Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd. Kemampuan menulis merupakan suatu bagian dari bahasa untuk menyampaikan pokok pikiran agar memberikan hiburan kepada pembaca melalui ide dan gagasan yang bersumber dari pengalaman seseorang. Akan tetapi banyak siswa yang kurang aktif selama pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Hal ini terjadi karena metode yang diterapkan adalah metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Penelitian ini adalah quasi eksperimen pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunaka n teknik pengumpulan data tes, wawancara dan dokumentasi serta uji hipotesis menggunakan uji t. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol atau 81,07 > 66,79. Selanjutnya hasil uji independent samples t test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,250 lebih besar dari t tabel sebesar 2,004 (2,250 > 2,004) dan nilai signifikansi sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa yang diberi perlakuan media cerita bergambar meningkat dibandingkan dengan kemampuan menulis siswa yang diberikan perlakuan metode ceramah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).