PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SD INPRES SIKUMANA 3 KUPANG
Keywords:
Metode Jarimatika, Hasil Belajar PerkalianAbstract
Kegiatan berhitung terjadi dalam kehidupan anak tanpa mereka sadari dan sekolah Dasar mengajarkan berhitung pada mata pelajaran Matematika.Pengajaran Matematika diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, namun guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada materi perkalian akibatnya hasil belajar siswa rendah.Salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk mempermudah dalam belajar dan menghafal perkalian adalah metode jarimatika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang.Metode penelitian ini adalah quasi experimentaldesignjenisNonequivalent control group design. Sample yang digunakan dalam pennellitiann ini berjumlah 53 dengan pembagianĀ kelasĀ eksprimen 27 sedangkan kelas kontrol 26 Penelitian ini menggunakanteknik pengumpulan data observasi dan tes serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttestkelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol atau 82,59 > 71,15. Selanjutnya hasil uji independent samples t test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,043 lebih besar dari t tabel sebesar 2,007 (2,043>2,007) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 lebih kecil dari 0,05 (0,046<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode jarimatikayang signifikan terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).