Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di SD Negeri Oetona Kota Kupang
Peran Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik
Keywords:
teacher roles, managing classes, thematic learningAbstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran akan menjadi hidup tergantung bagaimana guru mengelola kelas dengan baik. Seperti halnya guru kelas IV di SD Negeri Oetona Kota Kupang mengelola kelas dengan baik pada pembelajaran tematik.Pengelolaan kelas sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan pembelajaran.Oleh karenanya guru harus nemiliki peran mengelola kelas diantaranya keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan keterampilan guru dalam mengendalikan pembelajaran agar kembali kondusif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik tema peduli terhadap makhluk hidup.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam pendekatan metode deskriptif kualitatif.Untuk keperluan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Sedangkan dalam menganalisis data peneliti mengguanakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa peran guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV diSD Negeri Oetona Kota Kupang dengan cara sebagai berikut: (1) Mengedepankan tiga aspek. Pertama, penguatan pendidikan karakter pada kegiatan belajar mengajar seperti dalam diskusi jadi siswa disuruh untuk maju membacakan hasil diskusi.Diskusi tersebut dapat membantu membentuk karakter siswa agar lebih percaya diri, disiplin, dan aktif.Kedua, literasi.Pada setiap awal pertemuan siswa disuruh membaca materi atau cerita yang berkaitan dengan tema.Ketiga, keterampilan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) yakni guru terkadang mengajak siswanya untuk belajar diluar kelas agar siswa tidak mudah bosan. (2) Menggunakan metode diskusi. Metode diskusi sering kali digunakan karena untuk melatih kepercayaan diri siswa, melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapatnya, melatih siswa untuk berani berbicara didepan kelas, melatih siswa untuk bekerja sama dan lain-lain.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).