Hubungan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang
Kedisiplinan siswa dan hasil belajar siswa
Keywords:
Student discipline, learning outcomesAbstract
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku peserta didik akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena telah mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan merupakan salah satu sikap atau perilaku yang harus dimiliki oleh siswa. Karena siswa akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan apabila siswa dapat berdisplin terutama dalam belajar baik itu di rumah maupun di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan angket serta teknik analisis data menggunakan jenis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kedisiplinan siswa sebesar 79,83 sedangkan untuk hasil belajar siswa sebesar 86,04. Oleh karena itu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka Ho di tolak, artinya ada hubungan yang kuat antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).