Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Katolik Santa Maria Assumpta Kota Kupang
Kedisiplinansiswa dan Hasil Belajar
Keywords:
Student Discipline, Learning OutcomesAbstract
Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta melalui proses pelatihan yang dikembangkan menjadi serangakaian perilaku yang didalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, kesetian, ketertiban, dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk mengawasi diri. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan, nilai, sikap serta pola-pola pikir siswa yang diperoleh setelah pembelajaran dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswaterhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas lV SD Katolik Santa Maria Assumpta Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode Expost Facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan angket serta teknik analisis data menggunakan jenis kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata kedisiplinan siswa sebesar 79.20 dan nilai rata-rata hasil belajar Adalah sebesar 83.33 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas lV SD Katolik Sta Maria Assumpta Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).