PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR
Keywords:
Minat belajar, Metode Crosswrod PuzzleAbstract
ABSTRAK
Minat pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajarinya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Proses ini berarti menunjukan pada siswa bagaimana pengetahuanatau kecakapan tertentu.mempengaruhi dirinya melayani,memuaskan tujuan-tujuannya dan memuaskan kebutuhan-kebutuhannya. pada mata pelajaran IPS siswa banyak mengalami kesulitan ketika mereka belajar IPS dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS masih rendah, Hal ini menyebabkan pembelajaran kurang efektif karena siswa tidak dapat mengkreasikan dan mengeluarkan pemikiran-pemikirannya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle sebagai salah satu metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga membuat anak tertarik untuk mengikutinya pembelajaran IPS .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle pada pelajaran IPS dikelas IV SD Katolik Muder Teresa Kupang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quantitatif quasi eksperimental design
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada metode pembelajaran crossword puzzle terhadap minat belajar siswa. Pada hasil analisis data dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pada kelas ekperimen yaitu 88.75 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 57.50
Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran crossword puzzle berpengaruh terhadap minta belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV di sekolah SD Katolik Muder Teresa Kupang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).