PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS III SDI BAKUNASE 1 KUPANG
Keywords:
Talking Stick, Hasil Belajar, IPAAbstract
Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi banyak siswa merasa bosan dan kurang aktif selama kegiatan pembelajaran IPA berlangsung. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan biasanya adalah model konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDI Bakunase 1 Kota Kupang. Penelitian ini tergolong penelitian Quasi Eksperiment, menggunakan rancangan eksperimen non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah obeservasi, wawancara dan tes. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 53 responden. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai post test kelas eksperimen dan post test kelas kontrol dengan menggunakan uji t-test adalah 86,74 > 69,69 kelas kontrol. Lebih lanjut melalui pengujian hipotesisi menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka tolak H0 dan H1 di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick kelas III SD Inpres Bakunase 1 Kota Kupang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diberikan perlakukan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick meningkat hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar yang diberikan perlakuan model konvensional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).