https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/issue/feed SPASI : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar 2021-07-25T06:35:15+00:00 Yulsi Nitte yulsynitte9@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar</strong> merupakan&nbsp;kumpulan artikel hasil penelitian tugas akhir atau skripsi mahasiswa S1 di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Citra Bangsa.&nbsp;SPASI memuat topik penelitian di bidang Pendidikan Dasar dengan berbagai kajian antara lain Sosial, Matematika, Kewarganegaraan, Bahasa, Seni, Sains, Agama, Keolahragaan, Teknologi Pendidikan, Perangkat Pembelajaran, Media Pembelajaran, Model, Pendekatan, Strategi, Evaluasi Pembelajaran, Psikologi Pembelajaran.</p> <p>No. ISSN 2827-7813</p> https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/189 Hubungan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang 2021-07-25T06:35:12+00:00 Ana Anciana Tellu telluanciana@gmail.com <p>Hasil belajar merupakan perubahan perilaku peserta didik akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena telah mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan merupakan salah satu sikap atau perilaku yang harus dimiliki oleh siswa. Karena siswa akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan apabila siswa dapat berdisplin terutama dalam belajar baik itu di rumah maupun di sekolah. Tujuan&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; yaitu untuk&nbsp; mengetahui hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang. Penelitian ini&nbsp; menggunakan&nbsp; metode deskripsi<em>, </em>dengan teknik pengumpulan data dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; dilakukan&nbsp; dengan&nbsp; dokumentasi dan angket serta teknik analisis data&nbsp; menggunakan jenis kuantitatif. Hasil&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; menunjukkan&nbsp; bahwa&nbsp; rata-rata&nbsp; nilai kedisiplinan siswa sebesar 79,83 sedangkan untuk hasil belajar siswa sebesar 86,04. Oleh karena itu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000&lt;0,05 maka H<sub>o</sub> di tolak, artinya ada hubungan yang kuat antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Ana Anciana Tellu https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/190 Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Katolik Santa Maria Assumpta Kota Kupang 2021-07-25T06:35:12+00:00 Linda Yulita Fernandez yulitalindafernandez@gmail.com <p>Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta melalui proses pelatihan yang dikembangkan menjadi serangakaian perilaku yang didalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, kesetian, ketertiban, dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk mengawasi diri. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan, nilai, sikap serta pola-pola pikir siswa yang diperoleh setelah pembelajaran dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswaterhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas lV SD Katolik Santa Maria Assumpta Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode Expost Facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan angket serta teknik analisis data menggunakan jenis kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata kedisiplinan siswa sebesar 79.20 dan nilai rata-rata hasil belajar Adalah sebesar &nbsp;83.33 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas lV SD Katolik Sta Maria Assumpta Kota Kupang.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Linda Yulita Fernandez https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/170 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD INPRES LABAT KOTA KUPANG 2021-07-25T06:35:13+00:00 Imaculata Kole imacalutakole560@gmail.com <p>Skripsi, Kole, Imaculata. NIM: 151300073, 2020. PGSD Universitas Citra Bangsa Kupang, Judul Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Pembimbing: Pembimbing I Asti Yunita Benu, S.Pd., M.Pd Pembimbing II ­­Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd. Kemampuan menulis merupakan suatu bagian dari bahasa untuk menyampaikan pokok pikiran agar memberikan hiburan kepada pembaca melalui ide dan gagasan yang bersumber dari pengalaman seseorang. Akan tetapi banyak siswa yang kurang aktif selama pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Hal ini terjadi karena metode yang diterapkan adalah metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Penelitian ini adalah quasi eksperimen<em> pretest-posttest control group design. </em>Penelitian ini menggunaka n teknik pengumpulan data tes, wawancara dan dokumentasi serta uji hipotesis menggunakan uji t. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai <em>posttest </em>kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol atau 81,07 &gt; 66,79. Selanjutnya hasil uji <em>independent samples t test</em> diperoleh nilai t hitung sebesar 2,250 lebih besar dari t tabel sebesar 2,004 (2,250 &gt; 2,004) dan nilai signifikansi sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 &lt; 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa yang diberi perlakuan media cerita bergambar meningkat dibandingkan dengan kemampuan menulis siswa yang diberikan perlakuan metode ceramah.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Imaculata Kole https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/173 PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SD INPRES SIKUMANA 3 KUPANG 2021-07-25T06:35:13+00:00 Melyana Bete melyabete@gmail.com <p>Kegiatan berhitung terjadi dalam kehidupan anak tanpa mereka sadari dan sekolah Dasar mengajarkan berhitung pada mata pelajaran Matematika.Pengajaran Matematika diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, namun guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada materi perkalian akibatnya hasil belajar siswa rendah.Salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk mempermudah dalam belajar dan menghafal perkalian adalah metode jarimatika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang.Metode penelitian ini adalah <em>quasi experimentaldesign</em>jenis<em>Nonequivalent control group design</em><em>.</em> Sample yang digunakan dalam pennellitiann ini berjumlah 53 dengan pembagian&nbsp; kelas&nbsp; eksprimen 27 sedangkan kelas kontrol 26 Penelitian ini menggunakanteknik pengumpulan data observasi dan tes serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai <em>posttest</em>kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol atau 82,59 &gt; 71,15. Selanjutnya hasil uji <em>independent samples t test</em> diperoleh nilai t hitung sebesar 2,043 lebih besar dari t tabel sebesar 2,007 (2,043&gt;2,007) dan nilai signifikansi sebesar 0,046 lebih kecil dari 0,05 (0,046&lt;0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode jarimatikayang signifikan terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Melyana Bete https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/185 PENGARUH ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD KRISTEN CITRA BANGSA 2021-07-25T06:35:13+00:00 Dominda Mea Seran domindameaseran@gmail.com <p>Dominda Mea Seran, 2019, Pengaruh Alat Peraga Mistar Bilangan Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Kristen Citra Bangsa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Citra Bangsa. Pembimbing: Vera Rosalina Bulu, S.Pd.,M.Pd dan&nbsp; Asti Yunita Benu, S.Pd.,M.Pd. Matematika adalah salah satu pelajaran yang dipelajari siswa mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi.karena matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga mistar bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kristen Citra Bangsa. Metode penelitian ini adalah <em>quasi experimentaldesign </em>jenis <em>Nonequivalent control group design.</em> Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes.Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan peningkatan rata-rata nilai <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>kelas eksperimen yaitu 24,62 lebih besar dari rata-rata nilai <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>kelas kontrol yaitu 15. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,309 lebih besar dari t tabel sebesar 2,008 (2,309&gt;2,008) dan nilai signifikansi sebesar 0, 025 lebih kecil dari 0,05 (0,025&lt;0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga mistar bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kristen Citra Bangsa</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Dominda Mea Seran https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/167 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG 2021-07-25T06:35:13+00:00 Yosefa Maria Bete Bisik bisikyosefa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Sikumana 3 Kupang. Metode penelitian ini adalah <em>q</em><em>uasi eksperimen</em><em>tal </em><em>nonequivalen control grup</em><em>. </em>Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, studi dokumentasi, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa dengan rincian 27 untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata nilai <em>posttest</em> kelas eksperimen sebesar 77,41 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol sebesar 60,38, hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 2, 643 &gt; t tabel 2,007, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil <em>posttest </em>kelas eksperimen yang menggunakan media lingkungan dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media lingkungan, dapat dimaknai&nbsp; pembelajaran menggunakan media lingkungan memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media lingkungan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Inpres Sikuman 3 Kota Kupang.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Yosefa Maria Bete Bisik https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/195 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDK STA. MARIA ASSUMPTA KOTA KUPANG 2021-07-25T06:35:14+00:00 Yasinta M Bunga yasintabungaigon19gm@il.com <p><strong>ABSTRAK Yasinta Bunga, 2020, </strong>&nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui <em>Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDK Sta. Maria Assumpta.</em> Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan penelitian kuantitatif. Eksperimen dilaksanakan di SDK Sta. Maria Assumpta dengan populasi 60 peserta didik. Sampel yang diteliti adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa, kelas IVB sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Hasil belajar peserta didik menggunakan model Pembelajaran <em>Cooperative Tipe Numberred Head Together </em>terbukti berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran yang&nbsp; menggunakan ceramah.</p> <p>Rata-rata yang diperoleh peserta didik menggunakan model pembelajaran <em>Cooperative Tipe Numberred Head Together </em>mencapai 82,00 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah adalah 70, seluruh peserta didik kelas eksperimen tuntas mencapai KKM. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah memperoleh rata-rata 62,83 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 35. Terdapat 7 siswa yang belum mencapai KKM. Hasil uji t-test yang diperoleh dari kelas kontrol dengan menggunakan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 &lt; 0,05 maka tolak H<sub>0</sub> sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran <em>Cooperative Tipe Numberred Head Together&nbsp; </em>terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDK Sta. Maria Assumpta.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRACK Yasinta Bunga, 2020,</strong> This study aims to determine the effect of Cooperative Learning Model Type Numbered Head Together Against Student Learning Outcomes Class IV SDK Sta. Maria Assumpta. The method used in this research was an experiment with quantitative research. The experiment was carried out at SDK Sta. Maria Assump with a population of 60 students. The sample studied was class IVA as an experimental class of 30 students, class IVB as a class of control of 30 students. Student learning outcomes using the Cooperative Learning Model Type Numberred Head Together proved to be influential compared to learning using lecturers. The average obtained by students using the Cooperative learning model Numberred Head Together reaches 82.00 with the highest score of 100 and the lowest value is 70, all students of the experimental class have completely reached the KKM. The control class using the conventional lecture learning model obtained an average of 62.83 with the highest value of 90 and the lowest value of 35. There were 7 students who had not yet reached the KKM. The results of the t-test obtained from the control class using hypothesis testing showed that the value of sig. (2-tailed) 0,000 &lt;0.05 then reject H0 so it can be concluded that there is a significant effect on the Cooperative Type Numberred Head Together learning model on student learning outcomes in science subjects in class IV SDK Sta. Maria Assumpta.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Yasinta M Bunga https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/197 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS BAGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS 2021-07-25T06:35:14+00:00 tse delpi tse delpiemsifebrianitse@gmail.com <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><sup>&nbsp;&nbsp; &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </sup><strong><sup>&nbsp;</sup></strong>One of the obstacles on social studles in SD Negeri Oetona Kupang is the lack of use of instructional media and the learning process carrined out by the teacher still dominated counvensional methods so it is relateo to the low achievement of learning social studies in SD Negeri Oetona Kupang</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The purpose of this study was to findout the effect of the use of media charts on student learning achievement in social studies in the third grade of&nbsp; SD Negeri OetonaKupang. This type of research used in this study is descriptive type of research</p> <p>The results of this study are there are effects of the use of media charts on student achievement. The results of the analysis of these data is the average value of the experimental class that is 84.35 and the average value of the control class is 70.78</p> <p>The conclusion of this study is the media chart influences the learning achievement of third grade students at Oetona Elementary School</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Salah satu kendala dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Oetona Kota Kupang yaitu. Kurangnya penggunaan media pembelajaran serta&nbsp; proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih di dominasi oleh metode konvensional sehingga bekaitan pada rendahnya prestasi belajar Ips di SD Negeri oetona Kupang</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bagan terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas III SD Negeri Oetona Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif</p> <p>Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media bagan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis dari data tersebut adalah nila rata-rata kelas eksperimen yaitu 84,35 dan nilai rata-rata dari kelas control yaitu 70,78</p> <p>Kesimpulan dari penelitian ini adalah media bagan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Oetona</p> <p>&nbsp;</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Delpi Emsi Febriani Tse https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/201 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD INPRES SIKUMANA 3KOTA KUPANG 2021-07-25T06:35:14+00:00 Meri Yanti Hendrik meryantihendrik@gmail.com <p>ABSTRAK<br>Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran yang disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat klasikal dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran IPS. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran diorama dengan tujuan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa melalui penggunaan media diorama pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan studi dokumen. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji independent sample t-test. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3. 153 dan nilai ttabel sebesar 0.936 atau thitung 3.153&gt;ttabel 0.936 dan nilai sig. (2-tailed) 0,003 &lt; 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang.</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Meri Yanti Hendrik https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/202 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR 2021-07-25T06:35:14+00:00 Else Klarifa Sni elseklarifA73@gmail.com <p>ABSTRAK</p> <p>Minat pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajarinya dengan dirinya sendiri sebagai individu. Proses ini berarti menunjukan pada siswa bagaimana pengetahuanatau kecakapan tertentu.mempengaruhi dirinya melayani,memuaskan tujuan-tujuannya&nbsp; dan memuaskan kebutuhan-kebutuhannya. pada mata pelajaran IPS siswa banyak mengalami kesulitan ketika mereka belajar IPS dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS masih rendah, Hal ini menyebabkan pembelajaran kurang efektif karena siswa tidak dapat mengkreasikan dan mengeluarkan pemikiran-pemikirannya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode pembelajaran <em>crossword puzzle </em>&nbsp;sebagai salah satu metode pembelajaran yang aktif&nbsp; dan menyenangkan sehingga membuat anak tertarik untuk mengikutinya pembelajaran IPS .</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran <em>crossword puzzle</em>&nbsp; pada pelajaran IPS dikelas IV SD Katolik Muder Teresa Kupang. Jenis penelitian yang digunakan&nbsp; peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian <em>quantitatif quasi eksperimental design</em></p> <p>&nbsp;Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada&nbsp; metode pembelajaran<em> crossword puzzle </em>terhadap minat belajar siswa. Pada&nbsp; hasil analisis data dapat dilihat bahwa&nbsp; nilai rata-rata&nbsp; pada kelas ekperimen yaitu 88.75 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 57.50</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran <em>crossword puzzle </em>berpengaruh terhadap minta belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV di sekolah SD Katolik Muder Teresa Kupang</p> 2021-07-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Else Klarifa Sni