IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN TIKET PESAWAT

(STUDI KASUS: PT. RAJAWALI TIMOR TOUR & TRAVEL)

Authors

  • Debriana Beri
  • James Adam Seo
  • Selus Paru Kelin
  • Bonie Empy Giri

Keywords:

Data Mining, Algoritma Apriori, Tiket Pesawat, Aturan Asosiasi

Abstract

Data mining merupakan operasi resorcing dan pengguna data untuk mencari pola atau hubungan dari
sekumpulan data yang berukuran besar. Data mining telah diimplementasikan diberbagai bidang salah satunya di
bidang penjualan tiket pesawat. Pihak perusahaan dapat mengetahui minat pembeli dengan memanfaatkan data
mining untuk mengolah data penjualan tiket pesawat.Penelitian ini menganalisis tentang pencarian informasi dari
data transaksi penjualan tiket pesawat mengunakan data mining dengan algoritma apriori. Algoritma apriori
merupakan jenis aturan asosiasi (Association Rules) dalam menentukan pola kombinasi itemset dan aturan
asosiasi pada PT. Rajawali Timorindo Tour & Travel. Dengan algoritma ini dapat disimpulkan bahwa tiket
pesawat yang sering terjual Yaitu Lion Air, Batik Air, Wings Air, Superjet. Asosiasi ini didapatkan dengan nilai
support minimal 10% dan confidence 50% dan nilai uji lift ratio>1. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan
bahwa aplikasi yang dibangun berhasil sesuai rancangan dan dapat memberikan masukan kombinasi tiket yang
sering yang dibeli secara bersamaan pada waktu yang ditentukan.

Downloads

Published

2024-06-15