pengembangan media pembelajaran menggunakan articulate storyline pada mata pelajaran sistem informasi dan komunikasi digital
Keywords:
Articulate Storyline, waterfallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline, mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline, mengetahui hasil implementasi dari media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan metode waterfall. Hasil perhitungan angket dari validasi siswa kelas X MM 2 SMK Negeri 6 Kupang, dengan jumlah siswa 20 siswa, hasil rata-rata dari 20 siswa menunjukan bahwa 1.787 dibagi jumlah siswa, yaitu 20 siswa, dan mendapatkan nilai akhir 89 % dan tingkat pencapaian sangat baik. Dengan besaran hasil akhir pengisian angket oleh siswa, peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran sistem informasi dan komunikasi digital, khususnya materi logika dan algoritma komputer di kelas X MM 2 SMK Negeri 6 Kupang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Every works in JUMPIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).