Pembuatan Game Aritmatika Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa
Keywords:
Game Aritmatika, Aplikasi Adobe Flash, Metode Watefall.Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran game aritmatika menggunakan aplikasi Adobe Flash pada mata pelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran game aritmatika menggunakan aplikasi Adobe Flash pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall dengan 4 tahap yaitu analysis, Desaign, Coding, dan Testing. Data penelitian diperoleh dengan cara, observasi, wawancara, dan angket untuk validator ahli media, Wali kelas dan Siswa kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa. Berdasarkan hasil perhitungan angket dari validasi Ahli Media Pertama, hasilnya menunjukkan bahwa 88% dan tingkat pencapaian Baik. Hasil dari validasi Ahli Media kedua, hasilnya menunjukkan 80% dan tingkat pencapaian Baik. Hasil dari validasi Ahli Media ketiga, hasilnya menunjukkan bahwa 92% dan tingkat pencapaian sangat layak. Hasil dari validasi Wali Kelas Mata Pelajaran Matematika kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa, hasilnya menunjukkan bahwa 94%, dan tingkat pencapaian sangat layak. Hasil dari validasi Siswa kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa, menunjukkan bahwa 90.28% dan tingkat pencapaian sangat layak. Berdasarkan hasil penerapan game aritmatika menggunakan aplikasi adobe flash pada mata pelajaran matematika, materi operasi bilangan, kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa, hasil tersebut menunjukkan bahwa game aritmatika layak untuk digunakan sebagai media pebelajaran matematika, khususnya metari operasi bilangan kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Every works in JUMPIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).