Pembuatan Game Aritmatika Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa

Authors

  • Tersiana Lobo Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Game Aritmatika, Aplikasi Adobe Flash, Metode Watefall.

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran  game  aritmatika menggunakan aplikasi  Adobe Flash pada mata pelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran  game  aritmatika menggunakan aplikasi  Adobe Flash pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall dengan 4 tahap yaitu analysis, Desaign, Coding, dan Testing. Data  penelitian diperoleh dengan cara, observasi, wawancara, dan angket untuk validator ahli media, Wali kelas dan Siswa kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa. Berdasarkan hasil perhitungan angket dari validasi Ahli Media Pertama, hasilnya menunjukkan bahwa 88% dan tingkat pencapaian Baik. Hasil dari validasi Ahli Media kedua, hasilnya menunjukkan 80% dan tingkat pencapaian Baik. Hasil dari validasi Ahli Media ketiga, hasilnya menunjukkan bahwa 92% dan tingkat pencapaian sangat layak. Hasil dari validasi Wali Kelas Mata Pelajaran Matematika kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa, hasilnya menunjukkan bahwa 94%, dan tingkat pencapaian sangat layak. Hasil dari validasi Siswa kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa, menunjukkan bahwa 90.28% dan tingkat pencapaian sangat layak. Berdasarkan hasil penerapan game aritmatika menggunakan aplikasi adobe flash pada mata pelajaran matematika, materi operasi bilangan, kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa, hasil tersebut menunjukkan bahwa game aritmatika layak untuk digunakan sebagai media pebelajaran matematika, khususnya metari operasi bilangan kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-14

How to Cite

Lobo, T. (2019). Pembuatan Game Aritmatika Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas IIA SD Kristen Citra Bangsa. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika (JUMPIKA), 1(1), 63–67. Retrieved from https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jumpika/article/view/56