PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andriyani Afliyanti Dua Lehan
Taty R. Koroh
Netty E. A. Nawa
Martha K. Kota
Sarah Nurhabibah
Fembriani Fembriani

Abstract

Abstrak
Pengabdian Kepada masyarakat ini berdasarkan analisis permasalahan mitra yakni kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Pembelajaran di sekolah dasar mulai mengembangkan pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka ini menuntut guru kreatif salah satunya dengan mampu membuat media pembelajaran yang inovatif. Hal ini karena guru yakin bahwa guru masilah menjadi satu-satunya sumber informasi terbaik. Oleh karena itu, yang menadi solusi yakni dilakukan kegiatan “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar”. Selanjutnya pendampingan yang digunakan sebagai langkah pemantauan pasca pelatihan dan pendampingan kegiatan agar dapat berlanjut.


Abstract
This community service is based on an analysis of partner problems, namely the lack of media use in learning. Learning in elementary schools began to develop learning with an independent curriculum. This independent curriculum demands creative teachers, one of which is being able to create innovative learning media. This is because the teacher believes that the teacher is still the only best source of information. Therefore, the solution is to carry out the "Training for Making Learning Media for Elementary School Teachers". Furthermore, mentoring is used as a post-training monitoring step and mentoring activities so that they can continue.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dua Lehan, A. A., Koroh, T. R. ., Nawa, N. E. A. ., Kota , M. K. ., Nurhabibah, S. ., & Fembriani, F. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i1.778

References

  1. . Aswan. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM (Edisi Revisi). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  2. . Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. . Syahputra, Eko. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Garis-Garis Singgung Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2029/2020” http://repository.umsu.ac.id> diakses pada tanggal 22 November 2021.
  4. . Esvandiari. 2009. Kumpulan Lengkap Materi dan Soal UN SD. Jakarta: Media Pusindo.
  5. . Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
  6. . Fitrah, dkk. 2018. Teori dan Teknis Penelitian Tindakan Kelas: Alternatif Terbaik Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme. Bandung: Manggu Mangun Tanjung Lestari.
  7. . Gamiaci, Cici. 2015. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sumber-Sumber Energi Yang Ada di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas II SDN VI Ngunut Kab. Tulungagung” https://eprints.umm.ac.id/21569/ diakses pada tanggal 2 Agustus 2021.
  8. . Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. . Hasnida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif: Mendukung Pembelajaran Pada anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
  10. . Hendriana, Heris dan Afrilianto. 2017. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.