SOSIALISASI PENYUSUNAN RPP TEMATIK BAGI GURU-GURU SD MITRA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Treesly Yumiardy Normin Adoe

Abstract

Abstrak
Pendidikan adalah proses merubah manusia menjadi lebih baik, lebih mahir, dan lebih terampil; dan untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan strategi pembelajaran, yang didalamnya terdapat tiga hal pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Salah satu bagian dari perencanaan pembelajaran adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru. Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Tujuan dari pengabdian adalah : 1) meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru untuk menyusun RPP tematik; 2) membantu guru memahami bentuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar; 3) guru termotivasi untuk menyusun dan menghasilkan RPP.


Abstract
Education is the process of changing humans to become better, more proficient, and more skillful; and to achieve these goals a learning strategy is needed, which includes three main things, namely planning, implementation, and evaluation. One part of learning planning is the preparation of lesson plans (RPP) made by teachers. Every educator in an education is obliged to prepare lesson plans completely and systematically so that learning takes place interactively, inspiring, fun, challenging, efficient, motivating students to actively participate. The objectives of the service are: 1) increase teachers' knowledge and understanding to develop thematic lesson plans; 2) help teachers understand the form of learning implementation in elementary schools; 3) teachers are motivated to develop and produce lesson plans.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adoe, T. Y. N. (2023). SOSIALISASI PENYUSUNAN RPP TEMATIK BAGI GURU-GURU SD MITRA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 40–42. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i1.830

References

  1. D. Mustika, S. Q. Ain, and A. D. Iranti, “Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru,” Rengganis J. Pengabdi. Masy. , vol. 1, no. 1, pp. 42–47, 2021, doi: 10.29303/rengganis.v1i1.16
  2. D. S. M. Zain, T. Wahyukti, and E. Kusrini, “Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelejaran (RPP) Berbasis Kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto,” vol. 3, no. April, pp. 92–98, 2018
  3. I. N. Suadnyana, I. K. N. Wiyasa, I. K. Ardana, D. K. N. S. Putra, and I. G. A. A. Wulandari, “Pelatihan Penyusunan Rpp Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus Viii Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016,” Int. J. Community Serv. Learn., vol. 1, no. 1, p. 63, 2017, doi: 10.23887/ijcsl.v1i1.11908
  4. F. Mulyatna, F. Indrawati, and L. Hartati, “Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Yayasan Raudlatul Jannah,” Abdimas Dewantara , vol. 1, no. 1, pp. 11 – 22, 2018.
  5. Usman,U. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya