IMPLEMENTASI APLIKASI KAMUS KKO BAGI GURU DI SDI LASIANA KOTA KUPANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maxsel Koro
Paulina Riwu Ga
Adam B N Benu
Markus Sampe

Abstract

Abstrak
Perumusan indikator dan tujuan pembelajaran merupakan suatu permasalahan klasik yang dihadapi oleh guru terkhususnya dalam menetapkan kata kerja operasional. Dengan adanya alat bantu berupa aplikasi Kamus KKO berbasis android yang dijalankan secara offline dan online sangat membatu guru di SDI Lasiana Kota Kupang dalam memangkas waktu perumusan indikator dan tujuan pembelajaran secara tepat sesuai dengan level pada setiap ranah. Sebanyak 66% guru merasa sangat puas dengan aplikasi Kamus KKO dan sebanyak 80% guru menyakatan aplikasi Kamus KKO sangat praktis digunakan.


Kata Kunci : Kamus KKO, Indikator, Tujuan Pembelajaran


Abtsract
Formulating indicators and learning objectives is a classic problem faced by teachers, especially in determining operational verbs. With the existence of tools in the form of an Android-based Kamus KKO application that can be run offline and online, it really helps teachers at SDI Lasiana, Kupang City in reducing the time for formulating indicators and learning objectives appropriately according to the level in each domain. As many as 66% of teachers were very satisfied with the Kamus KKO application and as many as 80% of teachers said the KKO Dictionary application was very practical to use.


Keywords: Kamus KKO, indicators, learning objectives.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Koro, M., Riwu Ga, P., Benu, A. B. N., & Sampe, M. (2024). IMPLEMENTASI APLIKASI KAMUS KKO BAGI GURU DI SDI LASIANA KOTA KUPANG. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 5–8. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1180

References

  1. Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433
  2. Fatmawati, S., & Pd, M. (2013). Fisika Formulation of Learning Objectives and Cognitive Problem in Bloom Taxonomy Revision Oriented in Learning Physics. Jurnal EduSains, 1(2), 1–16.
  3. Firmansyah, E. (2019). Penerapan Teknologi sebagai Inovasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 657–666. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5736/4117
  4. Husien, W. (2022). 1800-Article Text-4233-1-10-20220124. 3(1), 20–28.
  5. Mager, F.R.(1975). Peparing Instructional Objectives.California:Fearon Publishers