PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI SDN BALFAI PENFUI TIMUR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maxsel Koro
Silvester P. Taneo
Treesly Y.N. Adoe
Adam B. N. Benu
Sofia G. Un Lala
Markus Sampe
Martinus Ngara
Ongky Boboy

Abstract

Abstrak
Keterampilan menulis ilmiah dalam bentuk PTK memberikan kesempatan guru untuk merefleksikan kembali proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan. Kurangnya pemahaman guru tentang konsep dan prosedur penulisan proposal PTK menjadi masalah yang wajib diperbaiki. Pelatihan dan pendampingan merupakan salah satu cara meningkatkan keterampilan menulis. Metode kegiatan PkM ini menggunakan metode Drill. Tahap pertama berupa kegiatan pembinaan dalam bentuk pelatihan, tahap kedua pembinaan berbentuk pendampingan, dilakukan intensif selama 3 hari. Luaran dari kegiatan PkM yakni produk tulisan ilmiah berupa Proposal PTK yang disusun oleh kelompok guru SDN Balfai Penfui Timur.


Abstract
Scientific writing skills in the form of PTK provide an opportunity for teachers to reflect back on the learning process that has been implemented so far. The teacher's lack of understanding of the concepts and procedures for writing PTK proposals is a problem that must be corrected. Training and mentoring are one way to improve writing skills. This PkM activity method uses the Drill method. The first stage is in the form of coaching activities in the form of training, the second stage is coaching in the form of mentoring, carried out intensively for 3 days. The output of PkM activities is a scientific writing product in the form of a PTK Proposal compiled by a group of teachers at SDN Balfai Penfui Timur.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Koro, M., Taneo, S. P. ., Adoe, T. Y. ., Benu, A. B. N. ., Lala, S. G. U. ., Sampe, M. ., Ngara, M. ., & Boboy, O. . (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI SDN BALFAI PENFUI TIMUR. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 17–20. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i1.776

References

  1. . Adijaya, Nuryansyah and Prayogo, H, Sulistio. 2013. The Evaluation of Classroom Action Research Articles Written by Indonesian Academics: A Corpus-Based Study. The 60thTeflin: Achieving International Standards in Teacher Education (620-624).
  2. . Dwijayanti, R., Marlena, N., Patrikha, F, et.al. 2017. Pelatihan pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol. 1., No. 2. Hal. 249 – 266.
  3. . Hasanah, A. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia
  4. . Siswanto, et.al. 2015. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru – Guru SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. . Suprihati dan Tira Nur Fitria. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Bagi Mahasiswa D3 Dan S1 Di Provinsi Jawa Dan Luar Jawa. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM). Vol.1(1), Hal. 13-21.