PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA TERHADAP GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 7 AIR MATI PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rani Autila
Yulmiati
Melvina

Abstract

Abstrak


Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Menyadari hal tersebut, dosen – dosen yang merupakan Fasilitator Sekolah Penggerak dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Sumatera Barat ingin sharing knowledge terkait dengan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Secara umum pengabdian ini bertujuan untuk memberikan konsep dan teknis kepada guru – guru SD Muhammadiyah 7 air mati Padang terkait perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka.


Kata Kunci : Kurikulum,  Perencanan, Pembelajaran, Merdeka


Abstract


Kurikulum Merdeka is a curriculum with various intra-curricular learning where the content will be more optimal so that students have enough time to explore concepts and strengthen competence. Realizing this, lecturers who are  Fasilitator Sekolah Penggerak from the English Education Study Program at PGRI University in West Sumatra wanted to share knowledge related to independent curriculum-based learning planning. In general, this service aims to provide concepts and techniques to the teachers of SD Muhammadiyah 7 Air Mati Padang regarding learning planning based on the independent curriculum.


Keywords: Curriculum, Planning, Learning.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Autila, R., Yulmiati, & Melvina. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA TERHADAP GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 7 AIR MATI PADANG. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(2), 7–11. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i2.976

References

  1. Kementerian Agama Republik Indonesia, Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, no. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Kementreian Agama RI, 2022.
  2. I. Sumarsih, T. Marliyani, Y. Hadiyansah, A. H. Hernawan, and P. Prihantini, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8248–8258, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216.
  3. T. S. Nugraha, “Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pebelajaran,” Inov. Kurikulum, pp. 250–261, 2022.
  4. D. K. Ainia, “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter,” J. Filsafat Indones., vol. 3, no. 3, pp. 95–101, 2020, doi: 10.5430/ijhe.v5n3p1.
  5. A. T. Daga, “Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 3, pp. 1075–1090, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279.
  6. E. S. B. Herawati, “Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.,” J. Educ.
  7. Instr., vol. 5, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2023, doi: 10.31539/joeai.v5i2.4826.
  8. Angga, C. Suryana, I. Nurwahidah, A. H. Hernawan, and Prihantini, “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5877–5889, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
  9. M. Saleh, “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Hardiknas, vol. 1, pp. 51–56, 2020.
  10. S. Bukit and W. Sarbaini, “Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap RPP Merdeka Belajar di Kecamatan Sibolangit Tahun ajaran 2020/2021,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Mahesa Research Center, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 58–66. doi: 10.34007/ppd.v1i1.171.
  11. U. Inayati, “Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI,” in 2nd ICIE: International Conference on Islamic Education, 2022, vol. 2, no. 8.5.2017, pp. 293–304. [Online]. Available: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
  12. D. Rahmadayanti and A. Hartoyo, “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7174–7187, 2022, doi: 0.31004/basicedu.v6i4.3431