PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SDI BERTINGKAT OEPURA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Treesly Y.N Adoe
Silvester P Taneo
Kurniayu Triastuti R. A Ratu
Rista Apriliya Devi

Abstract

Merdeka belajar merupakan pengejawentahan dari proses belajar yang dikelola oleh peserta didik secara mandiri. Peserta didik melakuakan pengelolaan terkait tujuan, cara, dan penilaian berdasarkan sudut pandang pengajar. Merdeka belajar berarti melibatkan murid dalam penentuan tujuan, cara, dan refleksi terhadap proses dan hasil belajar


Adapun kriteria modul ajar kurikulum (1) Esensial,(2) Menarik, bermakna, dan menantang , (3) Relevan dan kontekstual dan (4) Berkesinambungan yaitu kegiatan pembelajaran harus memiliki keterkaitan sesuai dengan fase belajar siswa (fase 1, fase 2, fase 3)


Tujuan dari pengabdian ini adalah 1) meningkatkan pengetahuan dan dan pemahaman guru untuk menyusun modul ajar IPAS; 2) membantu guru memahami bentuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar; 3) guru termotivasi untuk menyusun dan menghasilkan modul ajar IPAS kurikulum merdeka


Kata kunci : Pelatihan,  pembuatan modul ajar IPAS, kurikulum merdeka

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adoe, T. Y. ., Taneo, S. P. ., Ratu, K. T. R. A., & Devi, R. A. . (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SDI BERTINGKAT OEPURA . Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(2), 22–25. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i2.991

References

  1. Fraenkel, J. C., & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. McGrawHill, inc., h. 231.
  2. Merta Sari, N. K. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Embroidery Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Doctoral dissertation, Univrsitas Pendidikan Ganesha).
  3. Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3): 480-492.
  4. Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  5. Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6 (1): 92-106.