INOVASI DALAM PENGEMBANGAN SILABUS: PRINSIP DAN LANGKAH PRAKTIS

Main Article Content

Selvira
Meyniar Albina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pengembangan silabus berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan modern, khususnya dalam konteks Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan mengkaji berbagai sumber literatur seperti buku, artikel jurnal, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan silabus yang efektif harus memperhatikan prinsip-prinsip seperti relevansi, fleksibilitas, dan kontekstualitas, serta langkah-langkah yang terstruktur mulai dari analisis kebutuhan hingga penyusunan komponen-komponen silabus. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam menyediakan panduan praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang silabus yang inovatif dan adaptif.


 

Article Details

How to Cite
[1]
Selvira and M. Albina, “INOVASI DALAM PENGEMBANGAN SILABUS: PRINSIP DAN LANGKAH PRAKTIS”, hinef, vol. 4, no. 1, pp. 27–34, Jan. 2025.
Section
Articles