KOSAKATA SEBAGAI METODE MEMBACA CEPAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru menggunakan kosakata sebagai metode membaca cepat pada pembelajaran Bahasa Indonesia guna mengembangkan kecepatan membaca siswa Kelas IV SD Inpres Labat Kota Kupang. Jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskripsi analisis yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kreatifitas dalam menggunakan kosakata sebagai metode membaca guna mengembangkan kecepatan membaca siswa terlihat pada aktifitas guru saat membiasakan siswa untuk belajar kosakata dengan bantuan media kartu huruf, mengingatkan siswa agar pada saat membaca usahakan gerakan anak mata secara vertikal atau ke bawah bukan ke samping, menyisipkan waktu khusus pada saat pembelajaran berlangsung untuk melatih siswa membaca, membagi siswa dalam bentuk kelompok serta setiap kelompok ada siswa yang kecepatan membacanya sudah baik agar bisa membantu teman yang kecepatan membaca belum lancar.
Article Details
Every works in HINEF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).