KOSAKATA SEBAGAI METODE MEMBACA CEPAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Asti Yunita Benu
Agnes Maria Diana Rafael

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru menggunakan kosakata sebagai metode membaca cepat  pada pembelajaran Bahasa Indonesia guna mengembangkan kecepatan membaca siswa Kelas IV SD Inpres Labat Kota Kupang. Jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskripsi analisis yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kreatifitas dalam menggunakan kosakata sebagai metode membaca guna mengembangkan kecepatan membaca siswa terlihat pada aktifitas guru saat membiasakan siswa untuk belajar kosakata dengan bantuan media kartu huruf, mengingatkan siswa agar pada saat membaca usahakan gerakan anak mata secara vertikal atau ke bawah bukan ke samping, menyisipkan waktu khusus pada saat pembelajaran berlangsung untuk melatih siswa membaca, membagi siswa dalam bentuk kelompok serta setiap kelompok ada siswa yang kecepatan membacanya sudah baik agar bisa membantu teman yang kecepatan membaca belum lancar.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Y. Benu and A. M. D. Rafael, “KOSAKATA SEBAGAI METODE MEMBACA CEPAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR”, hinef, vol. 1, no. 1, pp. 41–44, Jan. 2022.
Section
Articles