PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PGSD

Main Article Content

Cornelia Amanda Naitili

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD Universitas Citra Bangsa Kupang. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain posttest only with non equivalent control group. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD semester II yang menempuh mata kuliah konsep dasar matematika SD berjumlah 142 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk penarikan sampel. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus perhitungan Taro Yamane sehingga diperoleh 105 mahasiswa yang terdiri dari 52 orang pada kelas kontrol dan 53 orang pada kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, namun sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan semua data berdistribusi normal dan homogen, sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (0,015 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Citra Bangsa Kupang pada mata kuliah konsep dasar matematika SD materi geometri.

Article Details

How to Cite
[1]
C. A. Naitili, “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PGSD”, hinef, vol. 1, no. 2, pp. 64–70, Aug. 2022.
Section
Articles