EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS BUDAYA LOKAL TIMOR TENGAH SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Vera Rosalina Bulu

Abstract

Salah satu komponen pembelajaran yang penting untuk di kembangkan dan dimaksimalkan yaitu bahan/materi ajar sebab bahan ajar yang baik dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran bagi guru dan meningkatkan pemahaman materi bagi siswa. Masalah yang ditemukan di lapangan yaitu penggunaan bahan ajar yang belum kontekstual sehingga sulit bagi siswa untuk memahami materi yang disajikan. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal Timor Tengah Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment design. sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Lakat kelas A dan Kelas B berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis parsyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji matriks varians – kovarians. Selanjutnya, menggunakan uji N- Gain dan uji efektivitas untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika materi geometri kelas V, SD Inpres Lakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis budaya lokal Timor Tengah Selatan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lakat, Timor Tengah Selatan. Terlihat bahwa nilai N-Gain hasil belajar siswa kelas ekperimen sebesar 0,60 dan kelas kontrol sebesar 0,39. Hal ini menunjukan bahwa penerapan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal Timor Tengah Selatan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu, dapat dilihat hasil uji effect size yaitu 1,50 termasuk dalam kategori tinggi.

Article Details

How to Cite
[1]
V. R. Bulu, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS BUDAYA LOKAL TIMOR TENGAH SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA”, hinef, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, Aug. 2022.
Section
Articles