PRAKTIK DAN IMPLEMENTASI PENERAPAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asti Yunita Benu
Agnes M.D. Rafael
Diana. Y Fallo

Abstract

Abstrak
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat ini dilakukan selama 3 minggu. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM untuk merancang dan menerapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Proses pembelajaran mengajarkan materi-materi Sekolah Dasar. Materi dasar tersebut terbagi pada kelompok kelas Rendah dan kelompok Kelas Tinggi. Kegiatan ini melibatkan beberapa SD yaitu SD Negeri Sikumana 2, SD Negeri 2 Baumata Timur, SD Inpres Oepura 2, SD GMIT Kolhua, SD GMIT Baumata dan SD GMIT Kuanino 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu anak lebih aktif, interaktif dan antusias belajar berkelompok maupun secara mandiri. Guru dan pihak sekolah dengan antusias menerima semua media pembelajaran yang dirancang dan pada akhir kegiatan diserahkan pada pihak sekolah. Media interaktif yang digunakan oleh pelaksana awalnya dianalisis sesuai kebutuhan, dirancang dan diterapkan sehingga menghasilkan hasil sesuai dengan harapan.


Kata Kunci : media pembelajaran


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Benu, A. Y., Rafael, A. M., & Fallo, D. Y. (2024). PRAKTIK DAN IMPLEMENTASI PENERAPAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR . Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1176

References

  1. Arsyad, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Faridatuunnisa, I. (2020) ‘Kebijakan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sd Di Indonesia.’, Seminar Nasional Pendidikan, Pp. 191–199. Available At: Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Semnas2020/Article/View/7510.
  2. Asti Y. Benu dan Yulsy M. Nitte. 2022. Media Pembelajaran (landasan dan pengembangan yang inovatif). Banten: CV AA Rizky
  3. Asti Y. Benu dan Roswita L. Nahak. 2022. Pengembangan media pembelajaran IPS Card Match Circle dalam pembelajaran tematik Sekolah Dasar. JUKANTI: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5(1), 175-180, DOI : https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i1.477

Most read articles by the same author(s)