MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK PANTI ASUHAN ST. LOUIS DE MONFORT-SIKUMANA MELALUI “GAMES AND SONGS”

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Viktorius P. Feka
Darius Y. Nama
Christmas P. Ate
Selfiana T. M. Ndapa Lawa
Agnes M.D. Rafael
Lanny I. D. Koroh
Apriani S. Wonga
Rubiah Y. B. Yusup
Tiara A. Mansopu
Jhon Enstein
Roswita L. Nahak

Abstract

Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) ini adalah untuk membangkitkan motivasi belajar bahasa Inggris anak-anak Panti Asuhan St. Louis de Monfort-Sikumana. Pembangkitan motivasi belajar bahasa Inggris ini ditempuh melalui games and songs atau permaian dan lagu. Metode yang digunakan pada kegiatan abdimas ini adalah permainan, lagu, dan demonstrasi. Terdapat tiga tahap dalam kegiatan ini, yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa anak-anak lebih antusias dalam belajar bahasa Inggris lewat games and songs. Bahkan, anak-anak juga bisa dengan mudah menguasai kosakata baru, memiliki ketrampilan berbahasa dan pengucapan yang baik, serta cukup mahir menguasai tata bahasa Inggris.


Kata Kunci : motivasi belajar, bahasa Inggris, games and songs


Abtsract
This community service activity aims to foster motivation for learning the English language among the children of St. Louis de Monfort-Sikumana Orphanage. This is achieved through the use of games and songs as a means of stimulation. The methods employed in this community service activity include games, songs, and demonstrations. The activity consists of three stages: preparation, implementation, and report preparation. The results of this activity indicate that the children are more enthusiastic about learning English through games and songs. Moreover, they can easily acquire new vocabulary, possess language skills and good pronunciation, and are proficient in mastering English grammar.


Keywords: learning motivation, English, games and songs

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Feka, V. P., Nama, D. Y. ., Ate, C. P. ., Ndapa Lawa, S. T. M. ., Rafael, A. M. ., Koroh, L. I. D. ., Wonga, A. S., Yusup, R. Y. B. ., Mansopu, T. A. ., Enstein, J. ., & Nahak, R. L. . (2024). MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK PANTI ASUHAN ST. LOUIS DE MONFORT-SIKUMANA MELALUI “GAMES AND SONGS”. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 47–51. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1199

References

  1. Hariati, P. (2022). Pelatihan pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode sing a song dan games bagi guru sd negeri 066654 medan. Abdimas mandiri-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 47-50.
  2. Kusumawati, A. (2017). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui permainan konstruktif pada anak kelompok b di tk aba plosokerep bunder patuk Gunungkidul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(6).
  3. Larasaty, G., Anggrarini, N., & Efendi, N. (2022). Fun English” sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. Room of Civil Society Development, 1 (2), 96–102.
  4. Munjin, M. (2008). Puisi Sebagai Metode Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Insania, 13(3), 493-505
  5. Roswati, E. (2020). Meningkatkan kosakata anak usia dini melalui permainan Chinese whispers. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 32-36.
  6. Sopya, I. V. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1 (1), 1.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>