ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 GOWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Gowa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari lima orang, yaitu tiga guru dan dua siswa dari jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, yang melibatkan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Gowa berada pada kategori "cukup baik," berdasarkan empat indikator: kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu. Kualitas pembelajaran terlihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar. Kesesuaian tingkat pembelajaran dicapai melalui penggunaan metode pengajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Insentif, baik verbal seperti pujian maupun non-verbal seperti nilai tambahan, meningkatkan motivasi siswa. Waktu yang diberikan guru untuk memahami materi juga mendukung keberhasilan pembelajaran. Faktor pendukung utama adalah keterlibatan aktif guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, sementara faktor penghambat mencakup perilaku siswa yang beragam dan keterbatasan fasilitas, seperti jumlah komputer yang tidak mencukupi kebutuhan praktik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat kendala, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui strategi kolaboratif antara guru, siswa, dan manajemen sekolah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every works in HINEF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).