ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 GOWA

Main Article Content

Nasir Nasir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Gowa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari lima orang, yaitu tiga guru dan dua siswa dari jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, yang melibatkan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Gowa berada pada kategori "cukup baik," berdasarkan empat indikator: kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu. Kualitas pembelajaran terlihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar. Kesesuaian tingkat pembelajaran dicapai melalui penggunaan metode pengajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Insentif, baik verbal seperti pujian maupun non-verbal seperti nilai tambahan, meningkatkan motivasi siswa. Waktu yang diberikan guru untuk memahami materi juga mendukung keberhasilan pembelajaran. Faktor pendukung utama adalah keterlibatan aktif guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, sementara faktor penghambat mencakup perilaku siswa yang beragam dan keterbatasan fasilitas, seperti jumlah komputer yang tidak mencukupi kebutuhan praktik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat kendala, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui strategi kolaboratif antara guru, siswa, dan manajemen sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Nasir, “ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 GOWA ”, hinef, vol. 4, no. 1, pp. 35–41, Jan. 2025.
Section
Articles