PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ATAU MODUL PEMBELAJARAN

Main Article Content

Fajar Sitepu
Albina Meyniar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria dan langkah-langkah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan modul pembelajaran yang efektif, serta menganalisis tantangan yang dihadapi guru dalam proses tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari berbagai literatur, buku, jurnal, dan dokumen resmi terkait penyusunan RPP. Temuan utama menunjukkan bahwa RPP dan modul pembelajaran yang efektif harus berpusat pada siswa, terintegrasi dengan silabus, serta mendukung pembelajaran mandiri. Modul pembelajaran perlu memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa. Langkah-langkah dalam penyusunan RPP meliputi identifikasi materi ajar, perumusan tujuan pembelajaran, dan penggunaan metode yang sesuai. Tantangan yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, sumber daya, serta perbedaan kemampuan siswa. Kesimpulannya, RPP yang baik dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran dan membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. 


 

Article Details

How to Cite
[1]
F. Sitepu and A. Meyniar, “PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ATAU MODUL PEMBELAJARAN”, hinef, vol. 4, no. 1, pp. 17–26, Jan. 2025.
Section
Articles