The TARGET SITUATION ANALYSIS FOR ELECTRONICS INDUSTRIRES STUDIES AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa dalam belajar bahasa Inggris pada jurusan Elektronika Industri. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa dalam belajar bahasa Inggris yang bermanfaat untuk pengembangan model dan isi pembelajaran kedepannya guna tercapainya target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah keinginan siswa. Peneliti menggunakan angket untuk mengetahui keinginan siswa dan juga wawancara untuk mengetahui keinginan siswa yang sebelumnya tidak tersampaikan dengan melalui angket. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan tujuh data target situasi yang sesuai dengan keinginan siswa. Siswa memiliki keinginan yang kuat untuk belajar bahasa Inggris guna mendukung kemampuannya di industri kerja. Siswa memiliki keinginan kuat untuk baik dalam hal berbicara bahasa Inggris guna untuk meningkatkan kecakapan mereka dalam berkomunikasi. Siswa menginginkan metode pembelejaran dan penilaian presentation agar dapat melatih kecakapan dan mental mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Siswa juga menginginkan untuk menggunakan full English selama pembelajaran dan mengedepankan konteks Elektronika Industri untuk keseluruhan pembelajaran bahasa Inggris karena siswa menginginkan dapat bekerja di pabrik industri yang sesuai dengan jurusan mereka bersekolah saat ini. Data yang didapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan metode dan isi pembelajaran di jurusan Elektronika Industri agar tercapainya target situasi yang sesuai dengan kebutuhan keinginan siswa.
Article Details
Every works in HINEF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).