NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT WATU MALADONG

Main Article Content

Christmas Prasetia Ate
Selfiana Ndapa Lawa

Abstract

Pulau Sumba yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki banyak keanekaragaman budaya dan adat istiadat, termasuk di dalamnya warisan cerita rakyat yang dikisahkan secara turun menurun dari nenek moyang terdahulu. Semua cerita rakyat di daerah ini tentunya memiliki nilai-nilai pendidikan karakternya masing-masing. Salah satunya adalah cerita rakyat yang berjudul Watu Maladong. Cerita rakyat ini dikisahkan dengan keunikannya tersendiri sesuai dengan latar belakang budaya dan nilai kehidupan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Watu Maladong. Metode penelitian yang digunakan  adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah cerita rakyat Watu Maladong yang terkandung 16 nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa  ingin tahu, (10) cinta tanah air, (11) menghargai prestasi, (12) bersahabat/ komunikatif, (13) cinta damai, (14) peduli lingkungan, (15) peduli sosial, dan (16) tanggung jawab.

Article Details

How to Cite
[1]
C. P. Ate and S. Ndapa Lawa, “NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT WATU MALADONG”, hinef, vol. 1, no. 2, pp. 34–42, Aug. 2022.
Section
Articles