ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gaya bahasa dalam puisi karya salah satu mahasiswi program studi pendidikan bahasa Inggris, FKIP, Universitas Citra Bangsa yang dipublikasikan pada salah satu koran elektronik di kota Kupang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, menggunakan teknik studi pustaka dan analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi tersebut menggunakan tujuh jenis gaya bahasa dalam puisinya: personifikasi, metafora, hiperbola, paralelisme, antitetis, repetisi, dan simbolisme. Temuan ini mengindikasikan kemampuan mahasiswi dalam memanfaatkan gaya bahasa untuk menciptakan makna dan efek estetis yang mendalam. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran gaya bahasa dalam pengembangan kemampuan berbahasa dan kreativitas mahasiswa di bidang sastra.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every works in HINEF is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).