MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) UNTUK SMP BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Siti Khotijah
Dewi Driyani
Muhamad Haikal

Abstract

ABSTRAK


Dalam penelitian ini diharapkan membantu para siswa sekolah menengah pertama (SMP) untuk memahami arti teknologi informasi dan komputer yang saat ini sangat berkembang dengan kehidupan modern. Tujuan penelitian yang berjudul media pembelajaran teknologi informasi dan komputer (TIK) untuk SMP yang berbasis android adalah menghasilkan media pembelajaran yang berbasis android yang ditujukan untuk anak sekolah tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dimana hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan dalam platform android yang memberikan informasi tentang teknologi informasi dan komputer. Alat perancangan yang membantu dalam penelitian ini adalah unified modelling language (UML), dimana dengan penggunaan uml akan mejelaskan informasi yang didapatkan dalam media pembelajaran yang digunakan dalam platform android.  Dalam mengembangkan perangkat lunaknya, penelitian ini menggunakan metode waterfall sehingga menghasilkan informasi yang diperlukan dalam menghasilkan media pembelajaran berbasis android.


ABSTRACT


This research is expected to help junior high school (SMP) students understand the meaning of information and computer technology which is currently developing rapidly with modern life. The aim of the research entitled information and computer technology (ICT) learning media for Android-based junior high schools is to produce Android-based learning media aimed at junior high school (SMP) children where the results of this research are learning media on the Android platform that provides information about IT technology. The design tool that helps in this research is unified modeling language (UML), where using UML will explain the information obtained in the learning media on the Android platform. In developing the software, this research uses the waterfall method to produce the information needed to produce Android-based learning media.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Khotijah, D. . Driyani, and M. . Haikal, “MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) UNTUK SMP BERBASIS ANDROID”, JUKANTI, vol. 7, no. 1, pp. 174–179, Apr. 2024.
Section
Artikel

References

Gunawan, Z. (2006). Maupun Perangkat Lunak (. Al- Biruni, 3(1), 1–8. http://repository.uhamka.ac.id/8513/1/buku tik.pdf

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), 6(1), 1–15. https://informatikamulawarman.files.wordpress.com/2011/10/01-jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011.pdf

Nugraha, W., Syarif, M., & Dharmawan, W. S. (2018). Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Desktop. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 22–28. https://doi.org/10.32767/jusim.v3i1.246

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sholichah, A. S. (2018). Urgensi Tumbuh Kembang Anak terhadap Pembentukan Karakter. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 154–171. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.14

Faulina, A. R. (2023, Maret 23). Sekawan Media. Retrieved maret 30, 2024, from https://www.sekawanmedia.co.id/blog/apa-itu-uml/

Ngatifudin Firdaus, S. P. (2021 , September 09). Balai Tekkomdik. Retrieved Maret 30, 2024, from https://btkp-diy.or.id/artikel/pemanfaatan-media-pembelajaran-berbasis-smartphone-android-dalam-pembelajaran-smk

Shalahuddin, M., & R. A. (2018). REKAYASA Perangkat Lunak: Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.