IoT Untuk Pengendali Lampu Menggunakan Arduino Studi kasus di rumah

Main Article Content

Bayu Edhi Setyawan
Indrastanti Ratna Widiasari

Abstract

ABSTRAK


Seiring dengan semakin berkembangnya infrasruktur internet, bahkan bukan hanya smartphone dan computer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Sebagai contoh berupa peralatan elektronik apa saja yang terhubung oleh jaringan internet, seperti mengendalikan lampu dari jarak jauh. Di bidang IT konsep ini telah dikenal dengan istilah Internet of Thing (IoT) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas konektivitas internet yang tersambung. Dalam penelitian ini terdapat fitur kendali lampu yaitu dengan satu lampu dan semua lampu untuk menghidupkannya. Dalam hal tersebut dapat disimpulkan bahwa IoT mengacu dan memanfaatkan pada suatu benda yang nantinya benda tersebut akan dapat berkomunikasi melalui sebuah jaringan internet, yaitu penerapan IoT untuk kendali lampu.


            Kata Kunci: Arduino, aplikasi Android, IoT, pengendali lampu


ABSTACT


Along with the development of internet infrastructure, it is not even just smartphones and computers that can be connected to the internet. For example, in the form of any electronic equipment that is connected by the internet network, such as controlling lights remotely. In the IT field, this concept has been known as the Internet of Things (IoT) which is a concept that aims to expand connected internet connectivity. In this study, there is a light control feature that is with one lamp and all lights to turn it on. In this case, it can be concluded that IoT refers to and utilizes an object that later the object will be able to communicate via an internet network, namely the application of IoT for light control.


            Keywords: Arduino, aplikasi Android, IoT, Light Controller

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
B. E. Setyawan and I. R. . Widiasari, “IoT Untuk Pengendali Lampu Menggunakan Arduino: Studi kasus di rumah”, JUKANTI, vol. 6, no. 1, pp. 51–56, Apr. 2023.
Section
Artikel