ANALISA APLIKASI CHATBOT UNTUK PERTANYAAN UMUM TERKAIT UNIVERSITAS DI UNIVERSITAS XYZ

Isi Artikel Utama

Herman
Andik Yulianto
Stephani Lim

Abstrak


Teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan modern. Terutama dalam pemasaran, teknologi seperti robot sosial dan chatbot sering digunakan untuk memberikan informasi perusahaan, produk, dan layanan kepada pengguna. Chatbot ini dibangun menggunakan Successive Approximation Model (SAM) dengan bahasa pemrograman PHP dan Javascript, serta menggunakan PhpMyAdmin sebagai sarana manajemen basis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui feedback pengguna dan bagaimana variabel mempengaruhi kompatibilitas, persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, niat berperilaku, dan penggunaan aktual chatbot VA XYZ dengan menggunakan metode TAM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah responden 180 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompatibilitas berpengaruh terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi persepsi kegunaan dan niat berperilaku, persepsi kegunaan Manfaat tidak berpengaruh  signifikan terhadap niat perilaku, dan niat perilaku tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan sebenarnya


Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
H. Herman, A. Yulianto, dan S. Lim, “ANALISA APLIKASI CHATBOT UNTUK PERTANYAAN UMUM TERKAIT UNIVERSITAS DI UNIVERSITAS XYZ”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, hlm. 415–437, Nov 2023.
Bagian
Articles

Referensi

L. Christoforakos, N. Feicht, S. Hinkofer, A. Löscher, S. F. Schlegl, and S. Diefenbach, “Connect With Me. Exploring Influencing Factors in a Human-Technology Relationship Based on Regular Chatbot Use,” Front Digit Health, vol. 3, Nov. 2021, doi: 10.3389/fdgth.2021.689999.

N. Hardiyanto, A. I. Gunawan, W. Rafdinal, and N. C. Afif, “Analisis Perilaku Belanja Online Selama Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, vol. 6, no. 3, 2020.

B. Wibowo, H. Clarissa, and D. Suhartono, “The Application of Chatbot for Customer Service in E-Commerce,” Engineering, MAthematics and Computer Science (EMACS) Journal, vol. 2, no. 3, pp. 91–95, Sep. 2020, doi: 10.21512/emacsjournal.v2i3.6531.

E. Adamopoulou and L. Moussiades, “Chatbots: History, technology, and applications,” Machine Learning with Applications, vol. 2, p. 100006, Dec. 2020, doi: 10.1016/j.mlwa.2020.100006.

D. L. Kasilingam, “Understanding the attitude and intention to use smartphone chatbots for shopping,” Technol Soc, vol. 62, Aug. 2020, doi: 10.1016/j.techsoc.2020.101280.

D. Avrilia Lantana, S. Ningsih, T. Waluyo, and Winarsih, “RANCANG BANGUN CHATBOT BERBASIS RULE-BASED SEBAGAI PUSAT INFORMASI CALON MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS NASIONAL PENULIS 1),” JUNSIBI (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), vol. 4, no. 1, pp. 34–42, 2023, doi: 10.55122/junsibi.v4i1.695.

A. Syaputra, “Implementasi Metode Random Sampling Pada Animasi Motion Grapich Herbisida Dan Fungisida,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 11, no. 2, pp. 142–147, Aug. 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i2.1370.

A. H. Suasapha, “SKALA LIKERT UNTUK PENELITIAN PARIWISATA; BEBERAPA CATATAN UNTUK MENYUSUNNYA DENGAN BAIK,” JURNAL KEPARIWISATAAN, vol. 19, no. 1, pp. 26–37, Mar. 2020, doi: 10.52352/jpar.v19i1.407.

C. Andrade, “A Student’s Guide to the Classification and Operationalization of Variables in the Conceptualization and Design of a Clinical Study: Part 1,” Indian J Psychol Med, vol. 43, no. 2, 2021, doi: 10.1177/0253717621994334.

S. Darmawan and R. Setyorini, “ANALISA FAKTOR-FAKTOR ADOPSI CHATBOT LINE SMB TELKOM DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL YANG DIMODIFIKASI,” ProBank, vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.36587/probank.v5i2.729.

A. Nurul Rohman, M. Mukhsin, G. Ganika, and F. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, “Penggunaan Technology Acceptance Model Dalam Analisis Actual Use Penggunaan E-Commerce Tokopedia Indonesia Use of the Technology Acceptance Model in Analyzing Actual Use of E-Commerce Tokopedia Indonesia,” 2023.

F. J. Purba, “ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,” vol. 4, no. 2, 2020.

F. Apriani, M. I. Herdiansyah, and D. Diana, “PERILAKU PENGGUNA TERHADAP SISTEM GURU PEMBELAJAR ONLINE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KOTA PALEMBANG,” Jurnal Bina Komputer, vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.33557/binakomputer.v1i1.153.

D. Junianto et al., “PENGARUH SISTEM PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INDUSTRI PABRIK GULA.”

K. Putra Pamungkas and A. Surya Bharmawan, “Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja karyawan di cv. mandiri pestimax pradipa.”

Y. Aryani and D. Gustian, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG DENGAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA DALAM PREDIKSI PENDAPATAN PERUSAHAAN,” Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 39–51, 2020.

Fazriansyah, N. A. Sari, and Mawardi, “Apakah persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan dan penggunaan aktual pada aplikasi pembayaran digital?,” Jurnal Manajemen, vol. 14, no. 2, pp. 271–283, 2022.